Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Jenis Shift Lock pada Mobil Matik dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 12/10/2020, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski kerap dibahas, mungkin sebagi pemilik mobil matik masih ada yang bingung soal cara mengoprasikan fitur shift lock.

Padahal ini sangat dibutuhkan ketika dalam kondisi parkir paralel yang mengharuskan mobil dalam kondisi netral.

Seperti diketahui, sistem transmisi matik tak seperti mobil manual yang bisa dicabut kuncinya saat transmisi pada posisi netral.

Oleh sebab itu, shift lock dibutuhkan sehingga tuas transmisi matik bisa digeser dari P (parkir) ke posisi N (netral) ketika sedang parkir parelel.

Baca juga: Hasil Moto2 GP Perancis 2020, Sam Lowes Juara, Andi Gilang Jatuh

Namun demikian, cara kerja shift lock sendiri biasanya berbeda-beda di tiap mobil. Paling sering ditemui berbentuk seperti tombol yang letaknya berada masih dalam rangkaian tuas transmisi, umumnya di bagian atas.

Untuk mengakitfkan shift lock dengan model ini, menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna sangat mudah dilakukan. Pengemudi cukup mematikan mobil seperti biasa dengan tuas transmisi di posisi P lebih dulu.

Kenali cara kerja shift lock di mobil matik Kenali cara kerja shift lock di mobil matik

“Biasanya dua cara, satu dengan tombol satu dengan anak kunci. Untuk tombol, prosesnya matikan mobil seperti biasa dengan tuas di P. Setelah itu tekan tombol shift lock dan geser ke posisi N. Dengan demikian kunci mobil tetap bisa dilepas seperti biasa dan mobil bisa digeser,” ujar Suparna belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2020, Quartararo Masih Teratas Ditemani Joan Mir

Sementara jenis shift lock yang kedua berupa lubang. Kebanyakan jenis yang seperti ini dipakai pada mobil-mobil yang sudah mengusung fitur smart key atau keyless.

Menurut Suparna, secara fungsi memang tidak berbeda dengan model tombol, hanya saja proses pengunaannya yang sedikit berbeda lantaran harus dicolok menggunakan anak kunci.

“Lubangnya itu berada di samping tuas transmisi. Jadi harus dicolok dengan anak kunci, kalau mobil yang pakai smart key atau remote itu kan tetap ada anak kuncinya yang berguna saat darurat, anak kunci itu bisa digunakan untuk mengaktifkan shift lock,” tutur Suparna.

“Caranya tetap sama, hanya beda menggunakan anak kunci saja. Ingat lagi, kalau sudah pakai shift lock, rem tangan jangan di tarik,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com