Gaikindo Berharap Jualan LCGC Bisa Terdongkrak dengan Relaksasi Pajak

Kompas.com - 10/10/2020, 07:02 WIB
Daihatsu Ayla, Honda Brio, dan Toyota Agya adalah para pemain di segmen LCGC Rianto Prasetyo/GridOto.comDaihatsu Ayla, Honda Brio, dan Toyota Agya adalah para pemain di segmen LCGC

JAKARTA, KOMPAS.com – Wacana yang digaungkan Kementerian Perindustrian soal penerapan pajak 0 persen bagi mobil baru belum mendapat kepastian sampai saat ini. Padahal relaksasi pajak diprediksi akan meningkatkan kinerja industri otomotif yang memiliki banyak turunan.

Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo), mengatakan, skema pajak 0 persen akan meningkatkan permintaan mobil murah atau LCGC.

Ucapan kukuh bukan tanpa alasan, pasalnya saat ini segmen Low Cost Green Car memang masih jadi primadona karena harga yang relatif terjangkau.

Baca juga: Mobil Lebih Boros Pakai Premium, Apa Penyebabnya?

Ilustrasi booth Honda dalam ajang otomotif nasionalIstimewa Ilustrasi booth Honda dalam ajang otomotif nasional

“Masyarakat Indonesia rata-rata daya belinya untuk mobil-mobil yang harga di bawah Rp 300 juta,” kata Kukuh, dalam diskusi virtual belum lama ini.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil LCGC memang mengambil porsi cukup banyak dengan pangsa pasar 25 persen.

Tak heran jika mobil LCGC menjadi segmen yang siap diserap masyarakat jika relaksasi pajak 0 persen bagi mobil baru berlaku.

Baca juga: Segera Meluncur, Ini Perbedaan Innova Facelift dengan Model Lama

Ilustrasi mobil-mobil LCGCGridOto.com Ilustrasi mobil-mobil LCGC

Seperti diketahui, Gaikindo mencatat distribusi LCGC dari pabrik ke diler pada Agustus 2020 mengalami lonjakan dibandingkan bulan sebelumnya, yakni mencapai 6.481 unit atau naik 136 persen dari Juli 2020.

Menariknya, dari hasil penjualan ini Daihatsu Sigra berhasil menduduki peringkat teratas dan menyalip penjualan Honda Brio Satya yang jadi LCGC terlaris di Juli 2020 dengan torehan 2.136 unit.

Lalu di posisi kedua ada Daihatsu Ayla dengan jumlah distribusi 1.294 unit, meningkat 201 persen dibandingkan bulan sebelumnya 429 unit.

Baca juga: Ke Bali Naik Bus Sultan, Cuma Rp 250.000

 

Suasana booth Toyota di IIMS 2017.TAM Suasana booth Toyota di IIMS 2017.

Tepat berada di bawahnya ada Brio Satya dengan penjualan sebanyak 1.158 unit, naik 2 persen secara bulanan.

Kendati demikian, torehan mereka masih cukup jauh dibanding periode yang sama tahun lalu, yang secara total bisa mendapat 16.917 unit.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X