Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Engine Brake Bisa Merusak Transmisi Mobil Matik?

Kompas.com - 08/10/2020, 15:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai mobil bertransmisi matik sedikit berbeda dengan mobil manual. Ada teknik khusus yang bisa dilakukan untuk melewati kondisi jalan tertentu.

Salah satunya adalah engine brake, kemampuan mesin untuk menahan laju kendaraan. Biasanya, digunakan saat melewati turunan yang terjal untuk membantu kinerja rem.

Baca juga: Cara Benar Mendorong Mobil Transmisi Matik yang Mogok

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, mengatakan, engine brake di matik pada umumnya akan bekerja di gigi rendah. Bisa pada posisi L, dan pada beberapa tipe matik ada yang di posisi 2. Jadi, di gigi 3 dan 4 umumnya tidak ada.

Komponen transmisi matikAditya Maulana, KompasOtomotif Komponen transmisi matik

Cara menggunakan engine brake cukup memindahkan tuas dari D ke 2 atau L. Selanjutnya, menurut Hermas, hanya tinggal mengatur rem saja.

"Dengan hanya ada di gigi 1 dan 2, yang digunakan pada kondisi tertentu, pemanfaatannya pun tidak bisa dilakukan saat mobil melaju kencang, lalu tuas transmisi dipindah ke gigi 2 atau L. Tentu akan mengalami kerusakan, karena overspeed," ujar Hermas, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bahaya, Jangan Megendarai Mobil Transmisi Matik Pakai 2 Kaki

Hermas menambahkan, engine brake sebenarnya tidak berdampak ke mesin, jika penggunaannya benar. Sebab, ketika engine brake aktif, itu sebenarnya hanya perubahan rasio gir, antara rasio input dengan output, lebih besar rasio input.

"Sehingga, laju mobil jadi serasa tertahan. Ketika masuk gigi 3, rasio giginya sudah 1:1. Maka itu, engine brake tidak aktif di gigi 3 dan 4," kata Hermas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com