Riding Sambil Berdiri di Jalan yang Mulus Aman DIlakukan?

Kompas.com - 08/10/2020, 11:42 WIB
Naik motor berdiri tribunnews.comNaik motor berdiri

JAKARTA, KOMPAS.comBerkendara sambil berdiri merupakan hal yang lumrah dilakukan saat sedang riding di trek off road. Namun, saja kelakuan pengendara yang berdiri walaupun sedang berjalan di permukaan yang rata.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, memang jika saat berkendara off road, ada gerakan di mana pengendara harus berdiri dikarenakan kondisi jalannya yang bergelombang, menanjak dan menurun.

“Perlu diketahui, berdiri saat sedang off road itu agar keseimbangan sepeda motor tetap terjaga. Saat berdiri, pengendara lebih mudah mengontrol motornya,” ucap Agus kepada Kompas.com, Rabu (7/10/2020).

Baca juga: Sedang Uji Jalan, PO Arimbi Tambah 15 Bus Buatan Karoseri Tentrem

Cara mengendalikan motor sambil berdiriFoto: KUROYAMA Dirt Bike Lessons/ Youtube Cara mengendalikan motor sambil berdiri

Agus mengatakan, berdiri ini sangat tidak diperlukan saat berkendara di jalan yang rata dan bagus. Kecuali jika pengendara ingin memperbaiki posisi duduknya agar lebih nyaman. Selain itu, berdiri sambil riding juga bisa berbahaya.

“Sebenarnya berdiri saat riding tidak terlalu bahaya, namun ada satu kondisi yang bisa membahayakan, yaitu berdiri tetapi jari tangan kanan menempel di tuas rem,” kata Agus.

Jika tiba-tiba menarik tuas rem depan secara mendadak, ada kemungkinan pengendara terdorong ke depan dan menyebabkan motor kehilangan keseimbangan dan pengendara bisa terjatuh.

Baca juga: Mulai 2021, Mobil Baru Wajib Dilengkapi APAR

Kalau pun memang ingin berdiri saat riding di jalan raya, itu juga tidak sepenuhnya berdiri, namun hanya menagangkat pinggul dari atas jok. Gerakan ini dilakukan saat melewati jalan bergelombang dan tidak rata.

“Maksud dari mengangkat pinggul ini agar postur badan tetap stabil, tidak ikut goyang karena situasi jalan tersebut,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X