2 Musuh Motor yang Sudah Dilapis Stiker Bodi

Kompas.com - 07/10/2020, 16:41 WIB
Dream Design Jakarta Foto: Dream Design JakartaDream Design Jakarta
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerap terjadi stiker atau decal di sepeda motor terkelupas. Hal ini banyak faktornya mulai dari kualitas stiker, kualitas pengerjaan, atau mungkin salah perawatan.

Dede Efendi Designer dan pengelola Dream Design (Dream Garage), Jakarta, mengatakan, stiker bisa bertahan 3-5 tahun dan mudah diganti kapanpun, tapi bukan berarti stiker bebas perawatan.

Baca juga: Catat, Ini Kebiasaan yang Bikin Motor Terbakar

 

"Merawatnya itu jangan terlalu sering kena air hujan, misalkan seharian kehujanan dan juga seharian kena matahari. Kalau untuk yang lain tidak masalah," kata Dede kepada Kompas.com, Selasa (7/10/2020).

Alasannya kata Dede, jika terlalu sering terkena air baik itu air hujan atau saat mencuci bisa membuat lem jadi tidak rekat lagi. Terutama di bagian-bagian sambungan atau tekukan yang mudah terbuka.

"Tapi misalkan semua bodi dibongkar dulu dan baru dilapis stiker biasanya aman, kalau misalkan stikernya sampai ujung, jadi bagian-bagian yang itu tidak kena air," katanya.

Dream Design Jakarta Foto: Dream Design Jakarta Dream Design Jakarta

Baca juga: Bisakah Mobil Meledak karena Terbakar Seperti di Film-film?

Sama seperti air, Dede mengatakan bodi motor yang sudah dilapis stiker juga jangan terlalu sering terjemur matahari apalagi seharian sebab akan membuat stiker "ngangkat."

"Kalau sering kena panas stiker yang ujung atau sulit bisanya akan membalik (ngangkat) jadi bergelembung atau ngeletek," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X