Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Musuh Motor yang Sudah Dilapis Stiker Bodi

Kompas.com - 07/10/2020, 16:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerap terjadi stiker atau decal di sepeda motor terkelupas. Hal ini banyak faktornya mulai dari kualitas stiker, kualitas pengerjaan, atau mungkin salah perawatan.

Dede Efendi Designer dan pengelola Dream Design (Dream Garage), Jakarta, mengatakan, stiker bisa bertahan 3-5 tahun dan mudah diganti kapanpun, tapi bukan berarti stiker bebas perawatan.

Baca juga: Catat, Ini Kebiasaan yang Bikin Motor Terbakar

 

"Merawatnya itu jangan terlalu sering kena air hujan, misalkan seharian kehujanan dan juga seharian kena matahari. Kalau untuk yang lain tidak masalah," kata Dede kepada Kompas.com, Selasa (7/10/2020).

Alasannya kata Dede, jika terlalu sering terkena air baik itu air hujan atau saat mencuci bisa membuat lem jadi tidak rekat lagi. Terutama di bagian-bagian sambungan atau tekukan yang mudah terbuka.

"Tapi misalkan semua bodi dibongkar dulu dan baru dilapis stiker biasanya aman, kalau misalkan stikernya sampai ujung, jadi bagian-bagian yang itu tidak kena air," katanya.

Dream Design Jakarta Foto: Dream Design Jakarta Dream Design Jakarta

Baca juga: Bisakah Mobil Meledak karena Terbakar Seperti di Film-film?

Sama seperti air, Dede mengatakan bodi motor yang sudah dilapis stiker juga jangan terlalu sering terjemur matahari apalagi seharian sebab akan membuat stiker "ngangkat."

"Kalau sering kena panas stiker yang ujung atau sulit bisanya akan membalik (ngangkat) jadi bergelembung atau ngeletek," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com