Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Rem Cakram Sepeda Motor

Kompas.com - 29/09/2020, 19:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan roda dua adalah merawat sistem pengereman. Sistem pengereman tidak dalam kondisi baik akan menimbulkan risiko kecelakaan.

Setiap motor sekarang ini sudah dilengkapi dengan rem cakram atau disc brake untuk sistem pengereman roda depan.

Rem cakram yang banyak menggunakan sistem rem hidrolik untuk pengoperasiannya. Sistem ini membutuhkan minyak rem agar bisa berkerja dengan baik.

Umunya, penggantian minyak rem dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 km.

Baca juga: Simak Cara Mudah Cek Kesiapan Ban Mobil Jelang Musim Hujan

“Meski jarak penggantian berkala cukup lama, namun sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara visual kondisi minyak rem yang ada pada tank master rem, baik pemeriksaan kuantitas maupun kualitas setiap 3.000 km,” ujar Kepala Bengkel Mekar Bintaro Adih kepada Kompas.com, Senin (28/9/2020).

Mengerem sepeda motor ada teorinya.mpm-motor.co.id Mengerem sepeda motor ada teorinya.

Pemeriksaan kuantitas dapat dilihat dari level permukaan minyak rem yang ada pada master rem. Apabila minyak rem sudah menyentuh tanda “LOWER” atau lebih bawah lagi, maka perlu dilakukan pemeriksaan dan ditambah hingga menjadi tanda “UPPER”.

Baca juga: Harga SUV Medium Bekas Akhir September, CR-V Lawas Hanya Rp 60 Jutaan

Untuk pemeriksaan kualitas dari minyak rem, dapat dilihat dari warna minyak rem tersebut. Semakin gelap warnanya, maka mengindikasi kualitasnya yang sudah semakin berkurang.

“Ganti sil master rem jika sudah terasa ada hal ganjil saat pengereman. Beberapa yang biasanya dikeluhkan oleh konsumen adalah handle rem yang terasa blong ketika ditekan atau justru handel rem yang sangat keras tetapi kendaraan tidak menurun kecepatannya,” ucap pria yang akrab disapa Qinoy.

Lakukan penggantian serta perawatan di bengkel resmi yang telah didukung oleh mekanik yang handal dan tentunya profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com