Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja yang Menyebabkan Mesin Mobil Overheat?

Kompas.com - 29/09/2020, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Masalah mesin mobil yang kepanasan atau overheat bisa membuat kerusakan yang parah pada bagian dalam mesin. Tentunya hal ini sangat tidak diinginkan bagi semua pengguna mobil.

Penyebab dari mesin yang overheat ini ada banyak, bukan hanya dari air radiator yang kurang. Bisa juga disebabkan ada kebocoran, kipas radiator yang mati, katup thermostat yang macet, juga water pump yang mati.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, banyaknya penyebab mesin overheat memiliki masalahnya sendiri. Jika salah satu rusak, tentunya proses pendinginan suhu mesin jadi tidak maksimal.

Baca juga: Kesal Terjatuh di MotoGP Catalunya, Rossi Akui Terbawa Emosi

Ilustrasi mesin mobil overheatSHUTTERSTOCK Ilustrasi mesin mobil overheat

“Paling banyak yaitu kebocoran pada sistem air pendingin yang menyebabkan mesin overheat. Kalau kipas radiator mati, menyebabkan kurangnya aliran udara untuk membantu mendinginkan air radiator,” kata Suparna kepada Kompas.com, belum lama ini.

Faktor overheat lainnya yaitu katup thermostat yang macet dalam kondisi menutup. Katu ini posisinya ada di saluran air pendingin antara mesin dan radiator. Fungsinya yaitu mengalirkan air untuk menjaga suhu mesin optimal.

Baca juga: Sedan Bekas di Bawah Rp 100 Juta Akhir Bulan Ini, Bisa Dapat Camry, BMW atau Mercy

“Kalau thermostat macet, maka akan menutup aliran air pendingin sehingga mesin overheating karena tidak ada pendinginan,” ucap Suparna.

Terakhir yaitu water pump yang mati atau macet bisa menyebabkan mesin overheat. Sehingga sirkulasi air pendingin berhenti sehingga mesin jadi overheat karena tidak ada air yang dipompa untuk mendinginkan mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com