Bukan Sekedar Gaya, Ini Fungsi Stabilizer pada Setang Motor

Kompas.com - 25/09/2020, 18:19 WIB
Pemasangan stabilizer sebaiknya bukan sekadar untuk aksesori. Foto: Isle Motoland/Ilustrasi Steering Damper Stabilizer SetangPemasangan stabilizer sebaiknya bukan sekadar untuk aksesori.

JAKARTA, KOMPAS.com - Stabilizer setang memiliki fungsi untuk mengurangi getaran yang merembet dari permukaan jalan ke setang. Ada bebebrapa jenis stabilizer, mulai dari steering damper sampai jenis pemberat yang terletak di kedua ujung setang.

Stabilizer biasanya dipakai oleh motor sport atau di arena balap untuk menyerap getaran. Tapi kini juga tidak jarang motor-motor harian yang tidak dilengkapi stabilizer bawaan pabrik memakainnya dengan berbagai tujuan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pemasangan stabilizer setang tergantung dari fungsinya, apakah untuk kenyamanan atau sekedar buat gaya.

Baca juga: Apa Fungsi Sekat Antara Kabin Pengemudi dan Penumpang di Bus AKAP?

“Jika memang pemasangannya bermanfaat dan menguntungkan yaitu setang menjadi lebih stabil dan tidak goyang, diperbolehkan. Tapi jika dipasang sebagai aksesoris agar tampilan motor menjadi lebih keren maka harus dipastikan tidak mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara,” ujar Agus saat dihubungi Kompas.com Kamis (24/9/2020).

Stabilizer Setang Foto: Kaskus Stabilizer Setang

Agus melanjutkan, pada dasarnya motor yang dikeluarkan oleh APM telah melalui berbagai proses pengecekan dan keamanan untuk digunakan oleh konsumen. Karena itu tambahan apapun di luar hal tersebut sebaiknya tidak merugikan.

Baca juga: PSBB Diperpanjang, Mobil Parkir Lama Apa Perlu Cabut Aki?

“Jadi, kalau ada yang ingin menambahkan atau mengurangi bagian di motor tersebut seharusnya sang pengendara paham apakah alat itu menguntungkan atau justru merugikan dan membahayakan,” katanya.

Trainer Yamaha Academy On Road dan Off Road Setyo Sukaryo menambahkan, pihaknya belum menguji efek pengendalian setang yang diberikan stabilizer tambahan sendiri. Namun melihat fungsi stabilizer maka hasilnya diprediksi memang mengurangi getaran.

“Intinya stabilizer itu seperti pemberat. Jika getaran setang sebelum dikasih stabilizer lumayan, setelah dikasih (stabilizer) maka getarannya akan berkurang,” tutur Setyo.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X