Rebodi Bus Sasis Modular Lebih Sulit Dibanding Ladder Frame

Kompas.com - 24/09/2020, 11:22 WIB
Ilustrasi bagasi bus tribunnews.comIlustrasi bagasi bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus yang beredar di Indonesia terdiri dari dua bagian, sasis dan bodi. Jika pemilik perusahaan otobus (PO) bosan dengan tampilan bus atau ingin menyegarkan tampilan, bisa mengganti bodinya saja. Opsi ini biasa dikenal dengan rebodi alias rombak bodi bus.

Proses rebodi ini biasa dilakukan di karoseri. Pertama yaitu pengangkatan bodi lama dari sasis, kemudian karoseri membuat bodi yang baru dan dipasangkan dengan sasis yang lama. Jadilah armada yang segar tanpa harus membeli sasis baru.

Namun ada dua tipe sasis yang digunakan oleh bus-bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Indonesia, yaitu ladder frame dan modular dengan space frame. Ternyata, ketika melakukan rebodi, mengerjakan sasis modular lebih rumit prosesnya.

Baca juga: Honda Tawarkan M-Bike untuk Cegah Motor Digondol Maling

Fasilitas perakitan bus Karoseri Laksana di Ungaran, Semarang, Jawa TengahKOMPAS.com/Dio Fasilitas perakitan bus Karoseri Laksana di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah

Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya mengatakan, ketika mengerjakan rebodi bus yang dari awal sudah menggunakan sasis modular, harus membuat ulang space framenya.

“Kalau rebodi total dan sebelumnya sudah pakai space frame, kita buatkan space frame ulang, jadi kerja dua kali,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Rabu (23/9/2020).

Begitu juga yang dikatakan Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto. Werry mengatakan, proses rebodi sasis modular sama saja, hanya ada langkah tambahan yaitu memanjangkan sasis.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Saat Hujan Tak Boleh Mengerem Pakai Rem Depan?

“Jadi kalau ada yang rebodi sasis modular, dia datang ke karoserinya sudah tanpa space frame. Jadi kita buat lagi space frame yang baru,” ucap Werry kepada Kompas.com.

Untuk sasis ladder sendiri, proses rebodinya akan lebih simpel. Tinggal mengangkat bodi yang lama, kemudian membuat bodi baru yang dipasang ke sasis yang lama.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X