Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Suites Class, Peminat Bus Social Distancing Juga Naik

Kompas.com - 22/09/2020, 18:11 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia membuat beberapa sektor bisnis terdampak, salah satunya yaitu transportasi darat. Selain itu, karoseri juga berinovasi agar penumpang tetap bisa bepergian dengan aman.

Salah satu inovasinya yaitu membuat bus dengan konfigurasi bangku yang saling berjarak. Jika biasanya ada dua atau tiga bangku yang berdempetan, sekarang diubah menjadi satu kursi yang berdiri sendiri.

Bus ini pertama kali diperkenalkan oleh karoseri Laksana, dinamai Social Distancing Bus. Konfigurasi kursinya jadi 1 di kanan, 1 di tengah dan 1 di kiri (1-1-1). Kemudian diikuti oleh karoseri Tentrem dan Adiputro, dengan konfigurasi yang sama.

Baca juga: Kasus Quartararo yang Gagal Podium, Ini Kata Mantan Pebalap Moto2

Bus Sumber Alaminstagram/laksanabus Bus Sumber Alam

Selain memiliki social distancing bus, karoseri Laksana juga membuat bodi Legacy SR2 Suites Class. Bisa dibilang, bodi Suites Class juga menganut model bangku yang saling berjarak dengan privasi antar penumpang yang tinggi.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, dibanding pesanan Suites Class, saat ini lebih banyak yang memilih untuk mengubah konfigurasi kursinya saja, menjadi 1-1-1.

“Saat ini, lebih banyak yang ubah konfigurasi bangku ke 1-1-1 dari yang awalnya 3-2, 2-2, atau 2-1. Ini juga dikarenakan harganya yang lebih terjangkau daripada buat bodi suites class,” kata Werry kepada Kompas.com, Selasa (22/9/2020).

Baca juga: Generasi Baru Yamaha MX King Sedang Uji Jalan

Jika melakukan ubahan konfigurasi bangku saja, bisa menggunakan bodi bus yang lama, sedangkan suites class harus menggunakan bodi yang baru. Jika mengubah konfigurasi, tinggal menambah rel baru untuk bangku di tengah dan kursi yang baru.

“Sekarang sedang dalam proses, sekitar lima bus social distancing bus, baik yang bodi baru, atau ganti konfigurasinya saja,” ucap Werry.

Selain adanya ubahan konfigurasi bangku, bagian kabin pengemudi juga dipasang sekat dari mika bening. Pemesan juga memiliki pilihan untuk memasang sekat dari mika bening ini atau dibiarkan saja seperti biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com