Pemula Ingin Ikut Lelang Mobil dan Motor, Simak Tips Amannya

Kompas.com - 22/09/2020, 12:21 WIB
Calon peserta lelang saat mengikuti lelang mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGCalon peserta lelang saat mengikuti lelang mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain di showroom dan situs jual beli online, balai lelang jadi salah satu tempat untuk mencari mobil atau motor bekas. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemula sebelum melakukan transaksi.

Sebab, banyak contoh konsumen yang mengalami kerugian saat membeli kendaraan bekas di balai lelang. Misalnya, dapat unit dengan harga tinggi atau kondisi kendaraanmya yang rusak parah.

Bady Qadarsyah, Operation Head Balai Lelang Auksi, mengatakan, dalam mencari kendaraan mobil bekas di tempat lelang, pastikan dulu legalitas balai lelangnya.

Baca juga: Dovi Tak Menyangka Pengangguran Masih Bisa Bertahan di Puncak Klasemen

Mobil-mobil yang akan dilelang di balai lelang Ibid.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Mobil-mobil yang akan dilelang di balai lelang Ibid.

Menurut Bady, karena saat ini banyak penipuan di situs jual beli online yang mengatasnamakan sebuah kendaraan dengan balai lelang tertentu.

“Lelang sendiri harus ada iklan resmi yang diterbitkan di media cetak sebagai pemberitahuan kepada masyarakat luas,” ucap Bady dalam diskusi virtual belum lama ini.

“Dan balai lelang yang terdaftar itu pasti memiliki pool untuk menyimpan kendaraan yang akan dilelang,” katanya.

Baca juga: Ini Alasan Nyetir Mobil Sendiri Juga Perlu Pakai Masker

Ilustrasi lelang motor bekasGridOto.com Ilustrasi lelang motor bekas

Selanjutnya, penting juga untuk lebih teliti saat melakukan pengecekan terkait kondisi fisik serta kelengkapan surat-surat.

Tak lupa ajak orang yang berpengalaman untuk mengecek kondisi unit yang diincar karena tak semua balai lelang memperkenankan konsumen untuk melakukan test drive mobil atau motor.

Bagi Anda yang belum jelas atau masih ragu dengan prosedur beli kendaraan di balai lelang, jangan ragu untuk bertanya dengan pengelola.

“Minta penjelasan dari panitia lelang. Lelang sendiri harus ada iklan resmi yang diterbitkan di media cetak sebagai pemberitahuan kepada masyarakat luas,” ujar Bady.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X