Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Fitur Keselamatan Wuling Almaz

Kompas.com - 21/09/2020, 12:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors sudah memperkenalkan Sport Utility Vehicle (SUV) pertamanya yaitu Almaz. Usia SUV asal China ini sudah menginjak satu tahun, dan menantang segmen yang dihuni oleh nama-nama kuat seperti duet Rush dan Terios.

Almaz dibekali mesin 1.500 yang mengantarkan performa ke roda depan melalui dua opsi transmisi, yaitu 8-speed manual simulation yang responsif serta transmisi manual 6-percepatan.

Wuling melengkapi Almaz dengan fitur perintah suara berbahasa Indonesia, yakni Wuling Indonesian Command (WIND). Fitur ini memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan beragam fitur kendaraan dengan cukup menggunakan perintah suara.

Wuling Almaz yang memiliki dua tipe, Exclusive dan Smart Enjoy, juga dilengkapi berbagai fitur keselamatan yang menunjang kenyamanan berkendara.

Lantas apa saja? Mari simak penjelasannya.

Wuling Almaz Smart Enjoy

Teknologi perintah suara WIND (Wuling Indonesian Command) pada Wuling Almaz.Kompas.com/Donny Teknologi perintah suara WIND (Wuling Indonesian Command) pada Wuling Almaz.

Wuling Almaz Smart Enjoy sudah dilengkapi fitur keselamatan yang cukup lengkap, di antaranya:

- Rear Parking Camera, ketika tuas transmisi pada posisi gigi mundur, layar monitor akan menampilkan hasil dari kamera belakang, serta garis pembantu dan posisi sonar yang aktif.

- Hill Hold Control (HHC), yaitu fitur yang mempertahankan posisi mobil saat berhenti di tanjakan selama beberapa detik supaya kendaraan tidak melorot walaupun pengemudi tidak menginjak rem.

- Automatic Vehicle Holding (AVH) yang merupakan itur pengereman otomatis untuk menjaga mobil tetap berhenti dalam kondisi jalan yang menanjak, menurun ataupun datar tanpa harus menahan pedal rem secara manual. Untuk mengaktifkannya cukup tekan tombol tepat dibawah EPB.

Selain itu, Wuling Almaz Smart Enjoy juga sudah dilengkapi dengan Dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Seat belt yang tersedia di semua bangku, Front Row Safety Belt Reminder, ISOFIX, Front and Disc Brakes, Emergency Stop Signal (ESS), 4-Points Rear Parkir Sensor, Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS).

Wuling Almaz Exclusive

Wuling Almaz terbaru meluncur di GIIAS 2019Aditya Maulana/Kompas.com Wuling Almaz terbaru meluncur di GIIAS 2019

Untuk Wuling Almaz Exclusive sudah memiliki semua fitur yang dimiliki oleh Wuling Almaz Smart Enjoy, hanya saja memiliki beberapa fitur tambahan, yaitu:

- Side Airbags yaitu Kantung udara yang terdapat pada sisi samping baris pertama yang melengkapi efek perlindungan atas pemakaian sabuk pengaman pada pengemudi dan penumpang depan.

- 2-Points Front Parking Sensor, Bumper depan yang memiliki 2 buah sonar untuk melakukan pendeteksian jarak antara obyek luar dengan area depan kendaraan.

- Tire Pressure Monitoring System (TPMS) merupakan Tampilan tekanan angin ban dalam satuan bar yang 36dapat dipantau pada layar MID. Sistem akan berkedip jika tekanan ban tidak sesuai (terlalu tinggi atau terlalu rendah).

- 360 Camera, yang berfungsi saat tuas transmisi pada posisi gigi mundur, layar monitor akan menampilkan hasil dari kamera depan, belakang, dan samping, serta garis pembantu dan posisi sonar yang aktif. Keempat kamera tersebut juga akan digabungkan menjadi tayangan perspektif bird’s eye view pada Head unit Almaz.

Harga

Almaz Smart Enjoy 6MT Rp 266.8 juta
Almaz Smart Enjoy CVT Rp 278.8 juta
Almaz Exclusive 5-seater Rp 331.8 juta
Almaz Exclusive 7-seater Rp 341.8 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com