Hilangkan Kebiasaan Taruh Telepon Genggam di Speedometer Motor

Kompas.com - 18/09/2020, 18:41 WIB
Ojek online menggunakna GPS pada ponsel saat berkendara mengantar dan menjemput penumpang. Ojek online menggunakna GPS pada ponsel saat berkendara mengantar dan menjemput penumpang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini aksesori yang dapat menempatkan telepon genggam di atas permukaan kaca, dimanfaatkan banyak pengemudi ojek online untuk memudahkan membaca penunjuk arah atau oleh mereka yang kerap melakukan turing.

Sayangnya, kebiasaan baru ini juga dimanfaatkan orang-orang tidak bertanggung jawab untuk berbuat kejahatan.

Melihat dari sisi keselamatan berkendara, kebutuhan penggunaan telepon genggam sudah semakin marak terlebih saat ini produsen melengkapi dengan pengisi daya di sepeda motor.

Baca juga: Ingat, Begini Cara Menyalakan Mesin Mobil yang Benar

Training Director Safety Defensive Consultant, Sony Susmana, mengingatkan kejahatan dapat terjadi karena ada kesempatan.

Untuk para pengguna sepeda motor sebaiknya tidak memperlihatkan barang-barang berharga secara terbuka yang membuat orang lain memiliki kesempatan melakukan kejahatan.

Ilustrasi berkendara ISTIMEWA Ilustrasi berkendara

“Saat ini memang yang perlu diubah itu kebiasan dan kesadaran. Ini termasuk penggunaan telepon genggam. Baiknya dimasukkan ke dalam jaket atau kantong celana,” ujar Sony belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Awas Macet, Mulai Besok Gerbang Tol Tomang Ditutup Sementara

Sony mengingatkan tentang kasus penggunaan GPS di telepon genggam beberapa waktu lalu. Bila pengemudi paham mengenai bahaya berkendara dengan telepon genggam sudah pasti akan menggunakan dengan cara yang tepat dan aman.

Sony menyarankan bila kebutuhan untuk petunjuk arah, lakukan obsrvasi di rute telepon genggam saat kendaraan berhenti atau sebelum berjalan ke tujuan.

Setelah itu simpan di saku jaket, tas pinggang, tas selempang atau tempat lain untuk menghindari korban kejahatan.

“Untuk ojek online saat sudah ada order misalnya, tidak dipajang di speedometer. Lihat dulu ke mana ordernya atau titik jemput, jangan mencari-cari dengan membaca GPS,” kata Sony.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X