Apakah Bus Pintu Tengah Memiliki Bagasi yang Lebih Kecil?

Kompas.com - 17/09/2020, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBus besar yang ada di Indonesia memiliki dua model berdasarkan letak pintu belakangnya, yaitu di bagian tengah dan di belakang roda. Biasanya peletakan pintu ini tergantung dari sasis yang digunakan.

Untuk sasis bermesin besar yang menghasilkan tenaga di atas 300 tenaga kuda, letak pintu belakangnya ada di tengah bodi. Hal ini disebabkan oleh ukuran radiator yang cukup besar, sehingga pintu harus berada di tengah.

Pada bus dengan pintu belakang, jumlah pintu bagasi yang ada di sisi kiri dan kanan bus ada tiga. Sedangkan bus berpintu tengah, pada sisi kiri hanya memiliki dua pintu bagasi. Apakah kapasitas bagasi bus pintu tengah lebih kecil?

Baca juga: Viral Video Kena Sanksi Turunkan Masker Saat Berkendara, Ini Aturannya

bus akapmobilkomersial.com bus akap

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, pada bus dengan pintu belakang di tengah memang mengorbankan sedikit ruang di bagasi.

Pintu yang di tengah memang ruang bagasi jadi berkurang. Ada juga pintu di belakang roda tapi itu untuk akses perbaikan atau perawatan berkala,” ucap Werry kepada Kompas.com, Kamis (17/9/2020).

Walaupun hanya memiliki dua pintu bagasi di sisi kiri, pada sisi kanan jumlah pintu bagasinya tetap tiga. Namun bagasi yang tembus hanya pintu pertama dan ke dua saja. Pintu bagasi ke tiga dari sisi kanan tidak tembus ke sisi kiri.

Baca juga: Kebiasaan yang Bikin Aki Motor Cepat Soak

Dimas Raditya, Sales Staff karoseri Tentrem, mengatakan, penempatan pintu belakang yang ada di tengah bus secara otomatis memang mengurangi luasnya bagasi.

“Berkurangnya luas bagasi lumayan signifikan jika dibanding bus berpintu di belakang roda. Belum lagi kalau yang di pintu tengah pakai toilet, bagasinya bisa makin sempit,” ucap Dimas kepada Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.