Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekan Polusi, Pertamina Minta Masyarakat Konsumsi BBM Berkualitas

Kompas.com - 12/09/2020, 14:22 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region III, mengajak masyarakat menggunakan bahan bakar kendaran bermotor yang berkualitas, layaknya Pertamax Series dan Dex Series.

Penggunaan BBM berkualitas tak lain bertujuan agar emisi gas buang kendaraan lebih sedikit, dengan demikian berdampak pada penekanan pencemaran polusi udara.

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan menjelaskan, BBM berkualitas memiliki formula aditif khusus yakni antikarat untuk mencegah korosi.

Baca juga: Konsumsi BBM Alami Kenaikkan di PSBB Transisi, Pasokkan Premium dan Pertalite Aman

Selain itu, ada detergen untuk membersihkan daposit pada ruang bakar sehingga dapat menghasilkan pembakaran yang sempurna dan demulsifer untuk menjaga bahan bakar terkontaminasi air.

Pertamina siaga Covid-19 di SPBUPertamina Pertamina siaga Covid-19 di SPBU

"Dengan aditif tersebut, dia menjelaskan, produk bensin dengan angka oktan diatas 90 bisa menghasilkan pembakaran yang sempurna sehingga menghasilkan emisi gas buang yang lebih sedikit. Karena itu, masyarakat yang menggunakan BBM berkualitas tak hanya dapat menjaga mesin kendaraan, namun turut serta menjaga kualitas udara supaya lebih bersih," ucap Eko dalam keterangan resminya, Sabtu (12/9/2020).

Menurut Eko, udara bersih saat ini menjadi salah satu kepedulian Pertamina. Pasalnya, udara bersih akan meningkatkan kesehatan masyarakat terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Berkaca saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 1 pada awal 2020, berdasarkan kajian Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Konsentrasi Maksimum Particulate Matters (PM) 2,5 menurun sekitar 0,02 persen-35,07 persen di 5 Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKU). Selama PSBB, semua SPKU juga telah memenuhi Baku Mutu Harian (<65ug/m3).

Baca juga: Hari Pelanggan Nasional, Pertamina Gelar Promo Cashback BBM

Ilustrasi SPBU Pertamina. (DOK. Pertamina) Ilustrasi SPBU Pertamina.

Untuk menjaga kualitas udara, Pertamina memiliki beberapa varian produk BBM sesuai jenis dan spesifikasi kendaraan. Untuk kendaraan mesin bensin, dapat menggunakan BBM jenis Pertalite (RON 90), Pertamax (RON 92), atau Pertamax Turbo (RON (98), untuk diesel terdapat varian produk Dexlite dan Pertamina Dex.

"Saat ini dimana sebagian masyarakat sudah menggunakan kendaraannya, kami mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kualitas udara dengan memakai BBM berkualitas tersebut," kata Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com