Jangan Sampai Kecele, Ini Tips Beli Yamaha RX-King Lawas

Kompas.com - 09/09/2020, 19:21 WIB
Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 juta Kompas.com/DonnyYamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Peminat motor lawas dua tak saat ini semakin marak di kalangan pecinta otomotif. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela merogoh kocek hingga ratusan juta untuk memenuhi hasrat hobinya.

Namun sering kali motor bekas yang terlanjur dibeli konsumen tidak sesuai harapan. Banyak kasus konsumen yang belum lama beli motor bekas, sudah minta jajan ke bengkel.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Ahmad Arif atau yang dikenal dengan Arif King Prok yang merupakan pedagang jual beli motor lawas di Jakarta Utara memberikan sedikit tips-nya.

Baca juga: Mengenal Istilah Load Range pada Ban Truk

“Hal yang paling utama mau motor jenis apapun sebagai calon pembeli kita wajib mengerti dulu tentang motor tersebut, kemudian cari yang memang masih orisinal,” ujar Arif saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/9/2020).

Part orisinil motor Yamaha RX-King 2003 SEKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Part orisinil motor Yamaha RX-King 2003 SE

Menurut Arif, mencari yang orisinal itu adalah hal yang paling penting.

“Sebab, yang orisinal itu hanya sekali, sedangkan restorasi bisa berkali-kali. Sejago apapun tukang cat pasti ketahuan kalo itu tidak orisinal,” katanya.

Baca juga: Polisi Minta Suara Kendaraan Listrik Harus Diperhitungkan

Kemudian Arif melanjutkan, carilah motor yang spare part-nya masih utuh.

“Perhatikan detilnya. Contoh motor RX-King, baut-bautnya harus diperhatikan jangan sampai ada yang hilang atau tidak orisinal, karena itu yang paling mahal,” ucapnya.

Arif juga mengingatkan, bagi konsumen yang ingin membeli motor restorasi, carilah restorasi yang orisinal.

“Jangan sampai beli mahal-mahal, tapi dapatnya yang asal,” tuturnya.

Jadi, Arif menyarankan sebaiknya mengerti dan pahami terlebih dulu tentang motornya baik. Lakukan riset sebanyak mungkin tentang motor yang akan dibeli, jika perlu diskusi terlebih dahulu dengan orang yang memang benar-benar paham dan mengerti.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X