Malas Pakai Sabuk Pengaman, Ini Akibatnya

Kompas.com - 09/09/2020, 16:01 WIB
GM kembangkan Belt Assurance System yang akan mengunci transmisi sebelum penumpang depan memasangnya. LeftlanenewsGM kembangkan Belt Assurance System yang akan mengunci transmisi sebelum penumpang depan memasangnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini teknologi mobil sudah semakin canggih, namun masih ada saja pengemudi yang tidak mau memakai sabuk pengaman. Kebiasaan lain yang sama buruknya, yaitu mengaitkan sabuk pengaman hingga posisi “on” tetapi tidak melingkarnya di depan tubuh.

Sebagai penyebab pengemudi malas memakai sabuk pengaman adalah merasa lelah atau sakit di bagian dada ketika pakai sabuk pengaman terlalu lama.

Solusi untuk persoalan ini adalah membeli aksesori selimut sabuk pengaman dengan bahan lembut ketimbang tidak pakai sabuk pengaman.

Baca juga: Rayakan Hari Jadi Ketiga, Komunitas Xpander Adakan Kopdar Online

“Bahaya sekali kalau tidak pakai sabuk pengaman, tetapi mobilnya punya airbag. Saat tabrakan, sopir terbentur ke depan, lalu dihajar lagi sama airbag yang mengembang. Bisa meninggal dunia kalau begitu,” ujar Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi belum lama ini kepada Kompas.com.

Ilustrasi SRS AirbagIstimewa Ilustrasi SRS Airbag

Airbag atau kantong udara itu merupakan fitur keselamatan supplemental retaint system (SRS). Sesuai namanya, peran kantong udara bukan sebagai perangkat keselamatan utama, melainkan suplemen atau tambahan. Perangkat keselamatan utama adalah sabuk pengaman.

Baca juga: Ini Salah Satu Penyebab Kecelakaan di Tol Cipali

Dibanding mobil tidak punya kantong udara, justru lebih berbahaya saat mengemudi tidak menggunakan sabuk pengaman di mobil berkantong udara.

Menurut Anjar, cara kerja sistem memutuskan kantong udara mengembang tidak tergantung pada sabuk pengaman saat “on” atau “off” karena sensornya ada di sekitar sasis depan mobil.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X