Ban Mobil Mengeluarkan Suara Saat Berbelok, Pertanda Apa?

Kompas.com - 09/09/2020, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika mendengar bunyi muncul di mobil Anda dengan frekuensi yang cepat pada bagian dalam ban saat berbelok kanan-kiri, segera lakukan pengecekan. Kemungkinan besar, kaki-kaki mobil Anda sudah waktunya “diopname”.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, penyebab mobil mengeluarkan bunyi “Tek-tek-tek” tersebut beragam.

“Bunyi tersebut bisa berasal dari tie rod, absorber,kaliper rem, atau as kopel,” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Diskon Motor Sport 150 cc, Suzuki GSX Series Lebih Murah Rp 2 Juta

Khusus untuk yang terkahir (as kopel) Bambang menjelaskan, biasanya bunyi yang dihasilkan bukan saat berbelok. Namun dalam keadaan jalan lurus dengan berbagai variasi kecepatan.

Ilustrasi bengkel kaki-kaki mobil alternatif KompasOtomotif Ilustrasi bengkel kaki-kaki mobil alternatif

“Suara bisa semakin nyaring dan cepat kalau belokannya dengan kecepatan agak tinggi, tergantung kerusakan. Kalau makin keras, berarti sudah harus di cek apa penyebabnya,” kata Bambang

Bagian yang berbunyi adalah bagian yang diindikasikan rusak. Misalnya, saat belok kanan, malah bagian kiri yang bunyi atau sebaliknya. Bagian yang bunyi harus diperiksa.

Baca juga: Per September 2020, Motor Bebek Diskon Jutaan Rupiah

"Misalnya V-belt yang kendor sebabkan water pump atau alternator tidak bekerja. Untuk penanganannya tergantung kondisi aktual, apakah bisa dikencangkan atau harus ganti, bila dibiarkan bisa mengakibatkan kerusakan pada fungsi komponen," kata Bambang.

Biaya penggantian komponen ini bervariasi, tergantung pada model mobil. Namun, sebagai kisaran siapkan dana Rp 250.000 sampai Rp 400.000 untuk komponen CV joint (satu sisi), belum termasuk ongkos pasang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.