Aspal Sirkuit Misano Berbeda, Michelin Siapkan Ban Khusus

Kompas.com - 09/09/2020, 13:21 WIB
Michelin siapkan ban khusus untuk seri MotoGP di sirkuit San Marino. gpone.comMichelin siapkan ban khusus untuk seri MotoGP di sirkuit San Marino.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai libur dua minggu, ajang balap MotoGP kembali bergulir pekan ini di Italia. Menariknya dua seri sekaligus akan berlangsung di Misano World Circuit Marco Simoncelli.

Balap pekan ini (13/9/2020) akan bertajuk MotoGP San Marino, sementara pekan depan (20/9/2020) MotoGP Emilia Romagno.

Menurut laporan GP One, Michelin telah menyiapkan ban belakang dengan 3 opsi berbeda (soft, medium, dan hard dengan konstruksi asimetris) untuk dua GP Italia.

Baca juga: Ini Salah Satu Penyebab Kecelakaan di Tol Cipali

Michelin akan membawa berbagai kompon ban yang telah disesuaikan dengan karakter Chang International CircuitFoto: Cycle News Michelin akan membawa berbagai kompon ban yang telah disesuaikan dengan karakter Chang International Circuit

Kemudian ban depan akan memiliki 4 opsi berkat pengurangan regulasi aspal baru, yakni ada tambahan standar dengan konstruksi simetris.

Andaikata hujan turun saat lomba, ban basah asimetris di depan dan asimetris di belakang juga sudah disediakan.

Manajer Motorsport Michelin Piero Taramasso, mengatakan, balapan dua pekan berturut-turut memerlukan waktu persiapan yang tidak sedikit.

Baca juga: Pabrik KTM Indonesia di Gresik Sudah Beroperasi

Ban balap Michelin yang digunakan di MotoGPMotoGP Ban balap Michelin yang digunakan di MotoGP

Menurutnya kondisi ini akan menantang, namun tim teknisnya akan benar-benar fokus pada tugas masing-masing.

“Misano adalah sirkuit yang tidak biasa dan Anda tidak pernah tahu apa yang diharapkan. Pada 2018 kami memecahkan rekor dan melihat lap yang cepat dan konsisten,” ucap Taramasso.

Meski begitu pada 2019, Taramasso mengatakan jika kondisi aspal hampir tidak ada traksi sama sekali.

Baca juga: Alternatif Mobil Baru Transmisi Matik di Bawah Rp 200 Jutaan

Michelin akan menjalani musim MotoGP 2016 sebagai pemasok ban tunggal.motociclismo.es Michelin akan menjalani musim MotoGP 2016 sebagai pemasok ban tunggal.

Namun untuk lomba tahun ini, pihaknya sudah mendapat data untuk memilih kompon yang baik setelah beberapa tes yang dilakukan oleh tim dan pebalap.

“Sekarang kita harus melihat bagaimana aspal akan berperilaku selama balapan akhir pekan ini,” ujar Taramasso.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X