Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MTF Siapkan Skema Pembiayaan Mobil Listrik di Indonesia

Kompas.com - 08/09/2020, 16:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mandiri Tunas Finance (MTF), perusahaan pembiayaan anak usaha PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, siap melayani pembiayaan mobil listrik di Tanah Air.

Langkah ini sejalan dengan amanat Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan (LJK), Emiten, dan Perusahaan Publik.

Dalam ketentuan tersebut, disebutkan kalau sektor jasa keuangan patut mendorong penciptaan keuangan berkelanjutan, demi mendukung keberlanjutan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup dalam pelaksanaan proses pembangunan di Indonesia.

Baca juga: Kemenperin Dorong Pengembangan Industri Baterai Mobil Listrik Lokal

Kendaraan listrik Hyundai Ioniq tengah melakukan pengisian daya di SPKLUKompas.com Kendaraan listrik Hyundai Ioniq tengah melakukan pengisian daya di SPKLU

"MTF mendukung penuh penerapan keuangan berkelanjutan, melalui persiapan pembiayaan kendaraan bermotor ramah lingkungan, di mana saat ini MTF tengah menyiapkan skema pembiayaan yang tepat untuk mobil listrik," kata Direktur MTF Harjanto Tjitohardjojo, dalam pernyataannya, Selasa (8/9/2020).

Ia menyampaikan, rencana pembiayaan mobil listrik itu juga sudah dilaporkan dalam rencana aksi keuangan berkelanjutan kepada OJK.

“Untuk itu, pada hari ini MTF mengadakan acara test drive mobil listrik Hyundai IONIQ Electric, mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle) sebagai bagian dari persembahan MTF kepada pelanggan dalam rangka Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2020," ujar Harjanto.

Baca juga: OJK Berikan Insentif Buat industri Hulu Kendaraan Listrik

Selain acara test drive, MTF juga menawarkan berbagai program untuk pelanggan antara lain free santunan asuransi tanggung jawab hukum (TJH), banjir dan kebakaran dengan total senilai Rp 30 juta serta cashback admin Rp 500.000.

Pada kesempatan sama, perseroan juga akan memperkenalkan mobil ramah lingkungan lainnya seperti Toyota Corolla Cross Hybrid, Nissan Kicks E-Power, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com