Kompas.com - 08/09/2020, 06:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pengguna sepeda motor sport yang beralih ke skuter matik (skutik) 250 cc karena tergiur modelnya yang elegan dan mesinnya yang agresif. Di pasaran, pilihan untuk skutil 250 cc bekas sangat terbatas.

Tak banyak pabrikan yang bermain di segmen tersebut. Terhitung hanya ada Yamaha dengan Xmax, Honda dengan Forza 250, Kymco dengan Downtown 250i, dan Benelli Zafferano.

Baca juga: Harga Skutik 150 cc Bekas, Yamaha Nmax Rp 15 Jutaan

Tapi, yang paling populer adalah Xmax. Di pasaran pun, Xmax masih lebih mudah ditemukan daripada skutik lain sekelasnya.

Honda ForzaKompas.com/Donny Honda Forza

Darwin Danubrata, dari diler motor bekas Songsi Motor, di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan, skutik 250 cc jarang diminati karena harganya yang relatif masih mahal.

"Xmax masih banyak, tapi kalau Forza jarang sekali," ujar Darwin, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk Xmax, menurut data yang dikumpulkan Kompas.com dari berbagai situs jual beli online, Xmax tahun 2017 pasarannya ada di kisaran Rp 41 jutaan.

Baca juga: 7 Skutik Bekas Murah di Bawah Rp 10 Jutaan

Wira Gunawan, dari diler motor bekas Wira Mandiri Motor, di bilangan Depok, Jawa Barat, mengatakan, untuk Forza harganya lebih mahal dibanding Xmax.

"Forza tahun 2018 masih ada di kisaran Rp 70 jutaan. Kalau yang tahun muda, seperti 2019, bisa Rp 90 jutaan," kata Wira.

Downtown 250i, salah satu produk skutik Kymco Indonesia yang dipamerkan saat perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.Kompas.com/Alsadad Rudi Downtown 250i, salah satu produk skutik Kymco Indonesia yang dipamerkan saat perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Melihat dari berbagai situs jual beli online, Forza tahun 2018 dijual mulai Rp 72 jutaan hingga Rp 79 jutaan.

Sedangkan untul Kymco Downtown 250i tahun 2017, ada yang menjualnya Rp 47,5 juta. Sementara Benelli Zafferano tahun 2017, ada di kisaran Rp 28 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.