Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Skutik 250 cc Bekas Belum Banyak, Pasaran Xmax Rp 40 Jutaan

Kompas.com - 08/09/2020, 06:40 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pengguna sepeda motor sport yang beralih ke skuter matik (skutik) 250 cc karena tergiur modelnya yang elegan dan mesinnya yang agresif. Di pasaran, pilihan untuk skutil 250 cc bekas sangat terbatas.

Tak banyak pabrikan yang bermain di segmen tersebut. Terhitung hanya ada Yamaha dengan Xmax, Honda dengan Forza 250, Kymco dengan Downtown 250i, dan Benelli Zafferano.

Baca juga: Harga Skutik 150 cc Bekas, Yamaha Nmax Rp 15 Jutaan

Tapi, yang paling populer adalah Xmax. Di pasaran pun, Xmax masih lebih mudah ditemukan daripada skutik lain sekelasnya.

Honda ForzaKompas.com/Donny Honda Forza

Darwin Danubrata, dari diler motor bekas Songsi Motor, di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan, skutik 250 cc jarang diminati karena harganya yang relatif masih mahal.

"Xmax masih banyak, tapi kalau Forza jarang sekali," ujar Darwin, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk Xmax, menurut data yang dikumpulkan Kompas.com dari berbagai situs jual beli online, Xmax tahun 2017 pasarannya ada di kisaran Rp 41 jutaan.

Baca juga: 7 Skutik Bekas Murah di Bawah Rp 10 Jutaan

Wira Gunawan, dari diler motor bekas Wira Mandiri Motor, di bilangan Depok, Jawa Barat, mengatakan, untuk Forza harganya lebih mahal dibanding Xmax.

"Forza tahun 2018 masih ada di kisaran Rp 70 jutaan. Kalau yang tahun muda, seperti 2019, bisa Rp 90 jutaan," kata Wira.

Downtown 250i, salah satu produk skutik Kymco Indonesia yang dipamerkan saat perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.Kompas.com/Alsadad Rudi Downtown 250i, salah satu produk skutik Kymco Indonesia yang dipamerkan saat perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Melihat dari berbagai situs jual beli online, Forza tahun 2018 dijual mulai Rp 72 jutaan hingga Rp 79 jutaan.

Sedangkan untul Kymco Downtown 250i tahun 2017, ada yang menjualnya Rp 47,5 juta. Sementara Benelli Zafferano tahun 2017, ada di kisaran Rp 28 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com