Kompas.com - 04/09/2020, 11:22 WIB
Beberapa koleksi helm yang ada di RC Motogarage KOMPAS.com/Aprida Mega NandaBeberapa koleksi helm yang ada di RC Motogarage

JAKARTA, KOMPAS.com - Biker pasti tahu sudah paham bahwa salah satu kampanye menggunakan helm adalah sampai pengikat talinya berbunyi “klik”. Namun di pasaran, tidak semua helm memiliki pengikat tali berbunyi seperti itu.

Pemilik toko helm premium RC Motogarage, Reyner Alexander, mengatakan, secara garis besar, setidaknya ada tiga jenis pengikat helm yang beredar di Indonesia.

“Yaitu quick release, micro metric dan double D ring. Dari ketiganya, menurut saya yang paling aman adalah double D ring,” ujar Reyner saat dihubungi Kompas.com, Kamis (3/9/2020).

Baca juga: Model Rem Udara Bus dan Truk, Ada yang Full dan Semi

Menurut Reyner, model pengikat quick release merupakan model yang paling banyak peredarannya di pasaran sebab biasanya digunakan pada helm-helm standar.

Model pengait helm quick release yang berbunyi klik.whitedogbikes.com Model pengait helm quick release yang berbunyi klik.

“Kalau sering denger di iklan-iklan “jangan lupa klik” model quick release ini lah yang digunakan. Helm jenis ini cocok untuk harian atau touring yang mau simpel dan safety,” kata Reyner.

Mekanismenya sederhana, pengait besi di ujung tali dimasukan ke dalam gesper sampai bunyi klik. Lalu buat melepasnya, pengemudi tinggal menggeser tuas di gesper.

Kemudian yang kedua ada model micro metric yaitu pengembangan dari quick release. Saat dipakai, model ini bukan berbunyi klik tapi “krek”, sebab pengaitnya berbentuk gerigi. Melepasnya cukup mudah, bahkan sambil menggunakan sarung tangan, karena membuka gesper dengan cara menarik tali.

Baca juga: Hino Gelar Pelatihan Berkendara Sopir Truk Secara Virtual

Beda dari dua model lainnya, double D ring tidak memiliki gesper. Jadi tali helm diikat menggunakan simpul di dua perangkat besi berbentuk huruf D, lalu ujung tali ditempel dengan kait khusus.

Model pengait helm double D ring, dianggap paling aman. Model ini digunakan para pebalap.whitedogbikes.com Model pengait helm double D ring, dianggap paling aman. Model ini digunakan para pebalap.

Double D ring biasa digunakan untuk standar keamanan helm balap, tapi bukan berarti semua helm dengan double D ring bisa buat balap. Ini yang suka banyak disalah artikan oleh banyak orang,” tutur Reyner.

Reyner menjelaskan, model pengikat double D ring merupakan helm yang paling aman sebab kuat dan kaku saat digunakan.

“Ketika digunakan dengan benar, semakin ada tekanan ke arah bawah akan semakin kencang dan mengingat,” tambahnya.

Kendati demikian, pengikat model double D ring ternyata juga memiliki kekurangan. Reyner menilai, pengikat jenis ini lebih rumit penggunaannya dan sulit juga untuk dipasang ketika biker menggunakan sarung tangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.