Kompas.com - 28/08/2020, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Fitur hiburan di bus awalnya hanya berupa televisi (TV). TV yang ada di kabin berada pada bagian depan sehingga bisa terlihat oleh semua penumpang.

TV yang biasanya menempel di atap bus ini terkoneksi dengan sistem hiburan seperti DVD, sehingga penumpang bisa terhibur selama perjalanan. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi, apakah TV di kabin bus mulai kurang diminati?

Penggiat Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya, mengatakan, fitur TV yang ada di kabin bus tampaknya semakin kurang diminati oleh penumpang.

Baca juga: Pesanan Dibuka, Toyota Mulai Umbar Fitur Urban Cruiser

colokan usb di busKompas.com/Fathan Radityasani colokan usb di bus

“Semakin ke sini kayaknya TV sudah kurang diminati untuk bus malam. Apalagi anak muda lebih senang pakai gadget, jadi lebih butuh fasilitas charger dan wifi,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Kamis (27/8/2020).

Bus-bus saat ini juga biasanya sudah memberikan fasilitas berupa colokan listrik dan USB di setiap bangkunya, sehingga penumpang tidak khawatir akan kehabisan daya ponselnya saat dalam perjalanan.

Baca juga: Berikut Perilaku yang Bisa Menggugurkan Garansi Resmi Mobil

Selain itu, Dimas juga mengatakan, TV yang ada di kabin bus merupakan fitur standar, yang menjadi opsional yaitu ukuran layarnya. TV yang ada di bus juga biasa digunakan untuk memutar musik pada bus dengan trayek dekat atau antarkota dalam provinsi (AKDP).

Selain TV, beberapa bus kelas eksekutif atau suites class yang sudah menyertakan audio video on demand (AVOD) pada setiap bangkunya. Bedanya dengan TV, penumpang bisa memilih apa yang ingin dilihat atau didengar melalui AVOD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.