Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Recall Innova dan Fortuner 1.633 Unit, Ini Akar Masalahnya

Kompas.com - 25/08/2020, 15:21 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak lama setelah masalah fuel pump, PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali mengumumkan recall untuk Fortuner dan Innova. Kedua produk tersebut mengalami masalah pada vacuum hose brake atau selang rem.

Namun demikian, tidak semua unit yang terdampak, melainkan hanya Innova dan Fortuner yang diproduksi pada periode tertentu di Agustus 2019 lalu. Untuk unit Innova sendiri termasuk model bensin dan diesel.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Deptartment Head PT TAM, mengatakan masalah yang terjadi pada kedua unit tersebut akibat selang yang membuat booster pada rem tak bekerja dengan baik saat digunakan pengendaranya.

Baca juga: Toyota Recall Lagi Innova dan Fortuner, Kali Ini Terkait Selang Rem

"Itu kan menghubungkan antara bosster dengan engine, jadi gunanya itu untuk mem-vacuum booster agar remnya menjadi lebih empuk. Jadi fungsi selang itu dari engine menghisap agar si booster bisa terbuka," ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/8/2020).

Ilustrasi selang vacuum pengereman di mobilhttps://grimmermotors.co.nz/ Ilustrasi selang vacuum pengereman di mobil

"Masalah yang terjadi itu pada selangnya, dalam arti selang ini seperti kempot sehingga optimasi vacuum-nya tidak bekerja akibat udara yang tersumbat atau tidak lancar. Kondisi ini membuat rem menjadi keras saat ditekan atau bahas bengkelnya itu jadi bagel," kata dia.

Lebih lanjut Didi menjelaskan masalah rem bagel itu seperti ketika menginjak pedal rem saat mesin mobil mati. Kondisinya akan jauh berbeda ketika diinjak dalam posisi mesin mobil hidup.

Baca juga: Ada Masalah Fuel Pump, Toyota Recall Kijang Innova dan Fortuner

Sementara untuk total unit yang terdampak, jumlahnya hanya 1.633 unit. Untuk Innova sebesar 1.094 unit, sementara Fortuner sebanyak 539 unit.

Merapah Trans Jawa 4 bersama Toyota Fortuner VRZ 4X4Kompas.com Merapah Trans Jawa 4 bersama Toyota Fortuner VRZ 4X4

"1.633 unit itu dalam periode yang diproduksi pada 16-28 Agustus 2019 saja, jadi tidak semua unit Innova atau pun Fortuner yang diproduksi sepanjang satu bulan Agusutus itu kena masalah ini," ujar Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com