Selain Kuantitas, Kualitas Minyak Rem Sepeda Motor Perlu Rutin Dicek

Kompas.com - 25/08/2020, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengereman adalah bagian terpenting pada setiap kendaraan, termasuk sepeda motor. Sebab, percuma sekencang apapun motor, pasti perlu diimbangi dengan pengereman yang baik.

Untuk menjaga performa pengereman, tentunya harus dilakukan perawatan. Ada beberapa perawatan yang perlu dilakukan pada motor yang menggunakan rem cakram.

Baca juga: 2 Cara Mengecek Kondisi Minyak Rem Sepeda Motor

Salah satunya adalah menjaga kualitas dari minyak rem. Tak banyak pemilik motor yang tahu bahwa sebenarnya penggantian minyak rem perlu dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 KM.

Ilustrasi mengganti minyak rem sendirilouis-moto.co.uk Ilustrasi mengganti minyak rem sendiri

Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Dicipta Motora (DAM), mengatakan, jarak penggantian berkala minyak rem memang cukup lama. Tapi, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara visual kondisi minyak rem yang ada pada tank master rem, baik pemeriksaan kuantitas maupun kualitasnya.

"Pemeriksaan kuantitas dapat dilihat dari level permukaan minyak rem yang ada pada master rem. Apabila minyak rem sudah menyentuh tanda 'LOWER' atau lebih bawah lagi, maka perlu dilakukan pemeriksaan dan ditambah hingga mencapai tanda 'UPPER'," ujar Ade, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ingat, Minyak Rem Juga Punya Masa Kedaluwarsa

Ade menambahkan, kualitas minyak rem dapat dilihat dari warnanya. Jika warnanya semakin gelap, maka kemungkinan besar kualitasnya juga sudah semakin berkurang.

"Lakukan penggantian serta perawatan di bengkel resmi yang telah didukung oleh mekanik yang andal dan tentunya profesional," kata Ade.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.