Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Masih Pertimbangkan Ikuti Pameran Pengganti GIIAS

Kompas.com - 21/08/2020, 13:42 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) resmi batal diselengarakan tahun ini. Sebagi gantinya, Gaikindo akan membuat Jakarta Auto Week yang dijadwalkan siap dihelat pada November mendatang di Jakarta Convention Center (JCC).

Menanggapi adanya perubahan tersebut, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan belum bisa memastikan bila pihaknya akan turut serta dalam pemeran dengan konsep baru tersebut.

"Ini kan baru ya, soal pembatalan GIIAS baru disampaikan lalu kami juga bari diinfokan soal Jakarta Auto Week ini. Minggu depan kami akan ada technical meeting dengan Gaikindo, di situ akan dibahas seperti apa," ucap Billy kepada media Rabu (19/8/2020) lalu.

Baca juga: GIIAS 2020 Dibatalkan, Karoseri Tentrem Tunda Rilis Model Baru

Secara garis besar, Billy mengatakan Jakarta Auto Week memiliki konsep yang sangat berbeda dengan GIIAS. Arahnya bukan lagi memamerkan teknologi atau produk-produk unggulan, tapi benar-benar ke arah penjualan.

Sales promotion girl (SPG) berpose di samping mobil dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/4/2019). Pameran IIMS 2019 berlangsung hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebanyak 36 merek roda dua dan roda empat ikut memamerkan produk terbarunya di sini.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Sales promotion girl (SPG) berpose di samping mobil dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/4/2019). Pameran IIMS 2019 berlangsung hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebanyak 36 merek roda dua dan roda empat ikut memamerkan produk terbarunya di sini.

Menurut Billy, bila di GIIAS biasanya harus ada mobil konsep, ada peluncuran produk baru, dan banyak hal lainnya, sementara pada perhelatan yang dirancang untuk menggantikanya lebih ke hard selling.

"Beda konsep, jadi bukan memamerkan show-show seperti GIIAS. Keiikut sertaan kami nanti akan kami pertimbangkan setelah melakukan technical meeting pada 24 Agustus nanti," ucap Yusak.

Seperti diketahui, karena alesan waktu yang pendek, pihak penyelenggara GIIAS akhirnya memilih untuk membatalkan pameran yang harusnya berlangsung pada 22 Oktober hingga 1 November 2020 tersebut. Sebagai gantinya, Gaikindo memih untuk menggelar Jakarta Auto Week.

Baca juga: Pameran GIIAS 2020 Dibatalkan

Pameran yang akan dihalt di JCC pada 21-29 November 2020 itu, diklaim dapat menciptakan potensi penjualan mobil secara masif, dan juga menjadi ajang untuk memperkenalkan produk baru.

Suasana pameran otomotif di BCA Expoversary 2020 dio ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/2/2020). Pameran dalam rangka memperingati HUT ke-63 BCA digelar serentak di tiga kota Jakarta, Surabaya, Makassar.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Suasana pameran otomotif di BCA Expoversary 2020 dio ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/2/2020). Pameran dalam rangka memperingati HUT ke-63 BCA digelar serentak di tiga kota Jakarta, Surabaya, Makassar.

"GIIAS fokus mengedepankan ajang peluncuran produk dan teknologi terbaru dari industri otomotif. Sedang GAIKINDO Jakarta Auto Week tujuannya adalah untuk menggenjot penjualan mobil baik existing product ataupun yang baru diluncurkan pada pelaksanaan pameran," kata Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo dalam keterangan resminya beberapa hari lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com