6 Tips Berkendara Jarak Jauh Saat Libur Panjang

Kompas.com - 20/08/2020, 11:41 WIB
Ilustrasi Liburan Ilustrasi Liburan
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen libur panjang menjadi waktu tepat untuk sejenak menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Salah satu yang banyak dipilih adalah dengan berkunjung ke tempat wisata atau ke rumah saudara.

Saat melakukan perjalanan, kendaraan pribadi banyak dipilih untuk memboyong anggota keluarga pergi berlibur.

Dengan menempuh jarak perjalanan yang tidak dekat, tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan, sehingga selama perjalanan tetap nyaman dan aman.

Baca juga: Peminat Mobil Bekas di Balai Lelang Meningkat, Imbas Ganjil Genap?

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), memberikan beberapa tips saat melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil.

Berikut 6 tips saat melakukan perjalanan jarak jauh

1. Tentukan tujuan liburan

ilustrasi liburan keluargaShutterstock ilustrasi liburan keluarga

Sebelum memulai perjalanan, tentunya harus ada tujuan yang ingin didatangi. Maka dari itu, Sony menyarankan, agar tujuan ini diputuskan terlebih dahulu agar bisa mempersiapkan keperluan lainnya, seperti pemilihan rute yang akan dilalui.

“Sebelum perjalanan harus menentukan lokasi tujuan yang sudah disepakati. Jangan sampai, nantinya terjadi konflik di tengah perjalanan sehingga bisa mengganggu mood dari pengemudi,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Jika mood pengemudi sudah terganggu, Sony menambahkan, jelas akan berpengaruh terhadap kenyamanan selama berkendara.

Baca juga: Mobil Bekas Harga Belasan Juta Rupiah, Bisa Dapat Lancer hingga Accord

“Kalau moodnya sudah tidak bagus atau jelek, tidak hanya akan mengganggu perjalanan. Tetapi, juga bisa menyebabkan kecelakaan,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X