Memilih Bahan Restorasi Bebek Astrea Grand Bulus

Kompas.com - 16/08/2020, 18:01 WIB
Honda Astrea Grand Foto: Jhon ClasikHonda Astrea Grand

BOGOR, KOMPAS.com – Bebek retro seperti Honda Astrea Grand Bulus kembali marak terlihat di jalanan. Selain harganya yang murah, mesinnya terkenal bandel dan awet, bahkan termasuk hemat bahan bakar.

Beberapa orang mencari bahan dari Astrea Legenda yang lebih muda. Kemudian di downgrade atau direstorasi menjadi model yang lebih tua seperti Astrea Grand Bulus lansiran tahun 1991 sampai 1993.

Pemilik Bengkel Modifikasi, Rangkuti Motor di Bogor, Sammy Rangkuti akan membagikan tips bagaimana memilih motor bahan yang ingin direstorasi menjadi Astrea Grand Bulus.

Baca juga: Vinales Kuasai FP3 MotoGP Austria, Rossi Tertinggal Jauh

Honda Astrea SeriesFoto: CDuck Astrea Honda Astrea Series

“Pertama cek paking mesin, jangan ada yang rembes. Kemudian perhatikan bunyi dari mesinnya, terutama klep keteng dan noken as, kalau enggak berisik, artinya aman,” kata Sammy kepada Kompas.com, Sabtu (15/8/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika ingin membeli motornya, geber sampai 3.000 rpm kemudian dilepas, pastikan apakah keluar asap putih dari knalpot atau tidak. Kalau asap putih dan bau oli, pastinya ring seher sudah kena sehingga keluar bau oli.

Baca juga: Ratusan Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta, Contraflow di Cikampek Dihentikan

Sammy juga megatakan untuk memperhatikan bagian rangka motor yang akan dijadikan bahan restorasi. Usahakan kondisi rangka tidak ada yang keropos atau ada bekas las, agar lebih aman.

“Bagian rangka yang rawan keropos ada pada dudukan shock dan dudukan mesin bagian atas, perhatikan juga titik-titik lainnya,” ucap Sammy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.