Perlukah Masker Jika Pakai Helm Full Face

Kompas.com - 14/08/2020, 17:32 WIB
Touring Komunitas Ducati dok.ducati indonesiaTouring Komunitas Ducati
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada anggapan bahwa menggunakan masker pada helm full face mubazir menangkal Covid-19. Sebab helm full face yang dilengkapi visor sudah melindungi area muka dan pernapasan.

Johanes Lucky selaku Manager Saftey Riding PT Astra Honda Motor (AHM), berusaha bijak menanggapi hal ini, helm full face adalah standar keselamatan sedangkan masker proteksi terhadap bahaya penularan.

Baca juga: Naik Motor Saat Hujan, Gunakan Rem Depan dan Belakang dengan Lembut

“Memakai masker sangat dianjurkan untuk mencegah penularan virus. Tapi jika malah membuat sulit bernafas tidak usah dipakai, contohnya seperti saat menggunakan helm full face,” katanya dalam video telekonferensi belum lama ini.

Blusnap Helmet cocok jadi aksesoris para biker yang menggunakan helm full face untuk berkendara harian.KOMPAS.com/Dio Blusnap Helmet cocok jadi aksesoris para biker yang menggunakan helm full face untuk berkendara harian.

Alasannya mengendarai sepeda motor butuh fisik yang prima. Jika memakai helm full face dan masker justru membuat sesak pengendara maka sebaiknya tidak dilakukan. Beda jika pengendara merasa nyaman. 

Harus disadari memakai masker hanya salah satu dari poin protokol kesehatan yang ditekankan pemerintah. Poin lain yang tak kalah penting dari masker ialah menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Baca juga: Geliat Honda dan Yamaha di Bursa Lelang Motor Bekas

“Jika memang tidak menggunakan masker, yang bersangkutan harus menjaga jarak dengan pengendara lain. Selain itu jika sudah mencapai tempat tujuan jangan lupa untuk segera mencuci muka," katanya.

Balaclavaotosia.com Balaclava

Balaclava

Jika merasa perlu pakai pelapis, cara praktis buat pemotor ialah menggunakan balaclava. Balaclava merupakan tutup kain kepala yang berguna untuk menyaring polusi serta menjaga helm tetap kering dari keringat.

"Selain tidak mengotori bagian dalam helm dengan keringat, juga bisa sekaligus sebagai masker. Selama ini juga tidak ada keluhan merasa pengap karena balaclava yang saya gunakan hanya satu lapis," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.