Tips Aman Naik Motor Saat Hujan, Waspada Jalan Berlubang

Kompas.com - 14/08/2020, 15:41 WIB
Jas hujan ponco Foto: GridOto.comJas hujan ponco
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara menggunakan sepeda motor saat hujan turun harus ekstra hati-hati. Selain kondisi jalanan menjadi lebih licin , juga karena adanya ancaman lain yang bisa mengganggu perjalanan, seperti adanya jalan berlubang.

Dalam kondisi hujan dan jalanan tergenang, keberadaan jalan berlubang memang sulit dideteksi oleh pengendara. Apalagi, jika kondisi penerangan jalan di sekitar sangat minim.

Genangan air biasanya akan menutup jalan yang berlubang sehingga seolah jalanan tidak rusak atau tidak berlubang.

Jika tidak berhati-hati, pengendara kendaraan roda dua bisa terperosok dan mengalami kecelakaan.

Baca juga: Saat Musim Hujan, Pengguna Motor Jangan Lakukan 4 Hal Ini

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting ( JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, berkendara dalam kondisi hujan berbeda dengan kondisi terang.

Pohon pisang ditanam warga di Jalan Slamet Riyadi yang berlubang akibat kebocoran saluran pipa air tepatnya di kawasan Kleco, Solo, Jawa Tengah, Senin (25/11/2019).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Pohon pisang ditanam warga di Jalan Slamet Riyadi yang berlubang akibat kebocoran saluran pipa air tepatnya di kawasan Kleco, Solo, Jawa Tengah, Senin (25/11/2019).

“Saat cuaca terang pengendara hanya perlu memperhatikan 4 sisi keamanan yaitu depan, belakang, kanan, dan juga sisi kiri,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Tetapi, Jusri menambahkan, ketika berkendara di musim hujan pengendara harus menambah dua sisi lagi, yakni sisi bawah dan sisi atas.

“Sisi bawah itu adalah lubang di jalan sedangkan sisi atas adalah pohon, baliho atau konstruksi bangunan,” ucapnya.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Pengguna Motor Jangan Asal Berteduh

Jusri mengatakan, kewaspadaan pengemudi saat berkendara dalam kondisi hujan harus ditingkatkan.

Hal ini karena tidak sedikit kejadian kecelakaan yang terjadi saat hujan salah satunya disebabkan karena adanya lubang di jalanan. Seorang pengendara juga bisa memperhatikan indikator dari depannya.

Para pengendara motor berteduh di kolong underpass Pasar Minggu Jakarta Selatan.IWAN SUPRIYATNA/KOMPAS.com Para pengendara motor berteduh di kolong underpass Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X