Kenapa Helm Motocross Bentuknya Berbeda dengan Full Face?

Kompas.com - 13/08/2020, 19:41 WIB
Helm untuk balap trail yang dijual di AHRS Racing Shop, Depok. KompasOtomotif/Alsadad RudiHelm untuk balap trail yang dijual di AHRS Racing Shop, Depok.

JAKARTA, KOMPAS.comHelm motocross memiliki bentuk yang berbeda dibanding helm full face pada umumnya. Walaupun bisa juga dikategorikan full face karena menutupi kepala secara keseluruhan, ada bagian helm motocross yang berbeda.

Helm motocross memiliki bentuk dagu yang lebih panjang dan mengerucut. Kemudian pada bagian dahi juga ada pet yang ukurannya panjang.

Selain itu pada helm motocross juga tidak memiliki visor, jadi pengendara harus memakai kacamata atau goggles tambahan.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu mengatakan, bentuk helm motocross yang berbeda dari helm full face pada umumnya itu bukan berarti tanpa alasan.

Baca juga: Prediksi Harga MG HS, Calon Pesaing CX-30 dan Eclipse Cross

Helm cross dari Cargloss.ADVENTURIDERZ.com Helm cross dari Cargloss.

“Pertama, motorcross memiliki kecepatan yang lebih pelan daripada motor di aspal. Kemudian pet yang ada di dahi berguna untuk menghalangi tanah atau debu agar tidak langsung kena muka,” kata Jusri kepada Kompas.com, Rabu (12/8/2020).

Jadi pet yang panjang itu memperkecil tanah atau lumpur yang terlempar dari ban belakang motor di depan. Kemudian pet ini juga bisa mengurangi efek kalau hujan, jadi mencegah cipratan air langsung mengenai muka.

Baca juga: Cek Harga Bebek Matik Bekas Honda Revo AT dan Yamaha Lexam

“Sama halnya dengan bentuk dagu helm yang mengerucut, berfungsi agar kotoran-kotoran seperti lumpur tidak mudah menempel,” ucap Jusri.

Kalau seperti helm full face biasa, lumpur akan mudah menempel di permukaannya. Sedangkan helm motorcross, tanah atau lumpur sulit menempel pada bagian dagu karena bentuk dan dimensinya yang kecil.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X