Lelang Mobil Bekas Makin Diminati Masyarakat

Kompas.com - 13/08/2020, 18:41 WIB
Mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi terlihat di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGMobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi terlihat di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren membeli kendaraan bekas lewat jalur lelang belum terlalu populer di Indonesia. Meski demikian peminatnya diklaim terus bertambah dari waktu ke waktu.

Bady Qadarsyah, Operation Head Balai Lelang Auksi, mengatakan, salah satu tolok ukurnya kata Bady, ialah intensitas diadakannya acara lelang Auksi dan pemilihan tempat yang makin beragam.

"Setiap hari kecuali minggu dilakukan lelang otomotif, bahkan untuk satu hari bisa dilakukan tiga lelang dari tempat yang berbeda," kata Bady dalam video telekonferensi, Rabu (12/8/2020)

Baca juga: Berapa Tekanan Ban Motor yang Ukurannya Lebih Besar dari Standar?

Lelang mobil AuksiFoto: Istimewa Lelang mobil Auksi

Bady mengatakan, meski masih era pandemi Covid-19 pihaknya optimis dapat memenuhi target penjualan tahun ini yang diberikan Dirjen kekayaan Negara, Kementerian Keuangan RI.

"Kami yakin dalam waktu 4,5 bulan ke depan kami dapat memenuhi target yang diberikan oleh Dirjen kekayaan Negara tersebut. Maaf saya tidak menyebutkan angka untuk target tersebut hanya minus 18 persen dari angka normal di tahun lalu," katanya.

Bady berharap pada Agustus 2020 kondisi lelang sudah mulai normal kembali. Apalagi melihat tren bahwa saat ini mulai banyak konsumen baru yang berusia muda melirik balai lelang untuk mencari kendaraan.

Baca juga: Benelli Leoncino 250 Tracker Bertema Kiamat

Chevrollet Chevelle SS yang dilelang Bea Cukai di laman lelang.go.idTangkapan layar di laman lelang.go.id Chevrollet Chevelle SS yang dilelang Bea Cukai di laman lelang.go.id

"Akhir Juli dan Agustus ini, banyak customer muda atau terbilang milenial yang sudah datang dan mengikuti lelang. Bisa dikatakan mereka sudah terjun ke dunia used car. Tetapi untuk usia masih dominan di atas 40 tahun," katanya.

Sumbangsih

Bady mengatakan, menurut data Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, sejak 2017 sumbangsih pokok balai lelang yang bergerak di bidang otomotif mendominasi dari seluruh jenis balai lelang yang ada.

"Karena itu meskipun ada Covid-19 ini, balai lelang otomotif tidak mendapatkan relaksasi ataupun revisi target karena setiap tahunnya sebelumnya Covid-19 balai lelang otomotif terus mengalami peningkatan," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X