Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapor Daihatsu di Awal Semester II 2020, Sigra Masih Mendominasi

Kompas.com - 12/08/2020, 08:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim pergerakan pasar otomotif Tanah Air telah menunjukkan tren positif sejak dua bulan terakhir, yakni Juni hingga Juli 2020.

Secara nasional, pencapaian wholesales ada dikisaran 25.000 unit, atau naik dua kali lipat dibandingkan Juni 2020. Sementara untuk retail pada Juli, pasar otomotif telah mencapai sekitar 35.000 unit, naik sekitar 19 persen dibandingkan Juni.

Untuk pencapaian wholesales, Daihatsu mengaku mengalami peningkatan tajam dengan kenaikan lima kali lipat. Dari sebelumnya 331 unit pada Juni, menjadi 1.553 unit di bulan berikutnya atau Juli.

Baca juga: Penjualan Honda Diklaim Mulai Positif saat Pandemi

Sedangkan untuk retail pada Juli, tercatat jumlahnya mencapai 5.890 unit, atau naik 6 persen bila dibandingkan pada bulan sebelumnya yang hanya 5.558 unit.

Terios 7 Wonders Kolaka Terios 7 Wonders Kolaka

Untuk pencapaian sepanjang Januari hingga Juli (year to date), market share Daihatsu juga ikut mengalami pertumbuhan. Tercatat untuk wholesales naik 0,4 persen menjadi 17,9 persen, sementara retail menjadi 18,2 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019.

"Kami berharap tren positif ini akan terus berlanjut diiringi dengan meningkatnya daya beli masyarakat. Daihatsu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan akan memacu produksinya sesuai dengan permintaan," ucap Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director ADM.

Baca juga: Daihatsu Perketat Protokol Kesehatan, Mulai Geber Pabrik 2 Shift

Dari segi produk, sampai dengan Juli, Sigra masih mendominasi penjualan Daihatsu. Mobil murah tiga baris tersebut berhasil membukukan jumlah retail sebanyak 16.631 unit, atau menyumbang 28,0 persen.

Daihatsu Gran Max Pikap Daihatsu Gran Max Pikap

Setelah itu, posisi kedua ditempati Gran Max pikap dengan pencapaian 12.651 unit atau berkontribusi 21,3 persen. Sementara urutan ketiga ditempati oleh SUV murahnya, yakni Terios, dengan jumlah 8.938 unit dengan kontribusi 15,0 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com