Berkendara di Antara Truk dan Bus, Begini Cara Menghindari Blind Spot

Kompas.com - 09/08/2020, 11:02 WIB
Blind spot truk detikotoBlind spot truk
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di jalan raya pastinya tidak terlepas dari adanya kendaraan jenis lain yang melintas.

Apalagi jika ruas jalan tersebut merupakan lintas kota maupun provinsi, sudah pasti akan berpacu bersama kendaraan lain yang dimensinya lebih besar, misalkan truk dan bus.

Berkendara di antara kendaraan besar memang perlu berhati-hati, mengingat titik buta atau blind spot kendaraan juga menjadi lebih besar.

Sebisa mungkin pengendara selalu menjaga jarak dan tidak masuk dalam arena blind spot truk maupun bus.

Pasalnya, jika sampai terjadi maka pengemudi kendaraan besar tersebut juga tidak bisa melihat keberadaan kendaraan lain yang ada di sekitarnya.

Baca juga: Selama Pandemi, Mobil Bekas di Atas Rp 100 Juta Sepi Peminat

Blind Spot pada truk hampir berada di seluruh bagiannya.Istimewa Blind Spot pada truk hampir berada di seluruh bagiannya.

Bukan tidak mungkin, kondisi ini bisa memicu terjadinya kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Training Director The Real Driving Center ( RDC) Marcell Kurniawan berkendara di antara kendaraan ringan dan berat butuh perlakuan yang berbeda.

“Kalau berkendara di antara kendaraan ringan, selalu tempatkan kendaraan kita secara diagonal dengan kendaraan lainnya,” ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (9/8/2020).

Sedangkan, lanjut Marcell, saat berkendara di antara kendaraan besar seperti truk dan bus maka diusahakan pengemudi bisa melihat spion truk maupun bus.

Baca juga: Begini Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas

“Bila kita masih bisa melihat spion truk atau bus maka si pengemudi juga bisa melihat kita. Tapi lebih aman mendahuluinya dan jangan beriringan,” tuturnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X