Kenali Penyebab Setir Mobil Terasa Berat

Kompas.com - 04/08/2020, 18:01 WIB
Ilustrasi mengemudi. Agung KurniawanIlustrasi mengemudi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil keluaran terbaru saat ini sudah menggunakan teknologi power steering, di mana ketika pengemudi memutar setir dan menggerakkan roda depan menjadi lebih ringan. Tetapi, jika power steering mulai terasa berat, itu menandakan ada bagian atau komponen yang bermasalah.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi, mengatakan, power steering terdapat dua jenis, yaitu Hydraulic Power Steering (HPS) dan Electronic Power Steering (EPS).

Power steering sendiri dapat bekerja dengan baik menggunakan cairan untuk menciptakan tekanan pada roda untuk berubah arah. Ada empat penyebab lain yang dapat membuat power steering terasa berat, antara lain:

Baca juga: Masalah Sering Terjadi pada Ban Belakang Ganda Bagian Dalam

1. Cairan power steering berkurang

Cairan power steering berguna untuk memberikan tekanan terhadap piston di dalam rack dan pinion. Jika cairan tersebut kurang, maka tekanan yang diberikan pada piston juga akan berkurang.

"Pada HPS yang sering bikin rusak itu jika cairan power steering bocor. Sementara pada EPS, bisa dibilang lebih minim perawatan," ujar Bambang kepada Kompas.com.

Cairan power steering letaknya di sekitar silinder reservoir, dekat salah satu ujung power steering belt. Disarankan untuk pertahankan cairan pada tingkat atau level yang tepat.

Cairan power steering biasanya berwarna merah tua. Segera lakukan penggantian cairan jika warnanya sudah berubah menjadi gelap.

Electric Power Steering (EPS)Ghulam/Otomania Electric Power Steering (EPS)

2. Power Steering Belt Rusak?

Bagian lain dari power steering yang membuat putaran setir menjadi ringan adalah power steering belt. Fungsinya sama seperti belt lainnya yang ada di mobil, yakni untuk memulai dan berhenti melakukan putaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X