Ganti Pelek dan Ban Mobil Bisa Bikin Speedometer Tidak Akurat?

Kompas.com - 03/08/2020, 17:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengganti pelek dan ban lebih besar memang bisa membuat penampilan mobil menjadi lebih keren. Tampilannya yang standar seketika berubah saat mengganti pelek dan ban dengan ukuran yang lebih besar.

Namun mengganti pelek dan ban standar dengan ukuran yang lebih besar ternyata punya efek samping. Lalu apa benar salah satu efek memakai pelek dan ban yang lebih besar malah membuat spidometer tidak akurat?

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal membenarkan hal tersebut. Pembacaan kecepatan di spidometer dengan yang aslinya jadi berbeda.

Baca juga: Bebas Denda Pajak Kendaraan Diperpanjang, Catat Wilayah dan Tanggalnya

Pikap kabin ganda dub stylethegaspol.com Pikap kabin ganda dub style

“Efeknya, kecepatan sebenarnya lebih cepat daripada yang dibaca oleh spidometer. Hal ini biasa terjadi karena ukuran pelek dan ban yang diganti tidak sesuai konversinya,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, belum lama ini.

Zulpata menjelaskan, konversi di sini maksudnya yaitu walaupun memakai pelek dan ban dengan ukuran lebih besar, diameter keseluruhan roda tidak berbeda jauh dengan yang standar. Jadi efek pembacaan kecepatan di spidometer tidak berbeda dengan aslinya.

Misalnya untuk ukuran ban standarnya 185/70 R14, ingin ganti pelek 15 inci, maka ukuran konversinya menjadi 185/65 R15 atau 195/60 R15. Tapi kalau diganti jadi 195/70 R15 dan seterusnya, tinggi total roda jadi melebihi yang standar.

Baca juga: Selain Jalan Protokol, 28 Gerbang Tol Ini Juga Berlakukan Ganjil Genap

“Kalau tidak sesuai konversinya, pasti pembacaan di spidometer tidak akurat. Karena tinggi total roda tidak sesuai dengan yang standar,” ucap Zulpata.

Zulpata juga menjelaskan, efek lain dari menggunakan pelek dan ban yang lebih besar yaitu akselerasi jadi agak berat dari sebelumnya. Namun kecepatan puncaknya bisa lebih tinggi jika memakai ukuran yang lebih besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.