Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bongkar Pasang Ban Mobil Jangan Sembarangan, Begini Cara yang Benar

Kompas.com - 31/07/2020, 14:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih banyak pengguna mobil yang belum tahu cara membongkar dan memasang ban yang benar dan aman. Padahal, secara teknis dan tahapannya relatif cukup mudah.

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan, langkah pertama mengendurkan keempat baut pada ban yang ingin diganti, setelah itu baru memasang dongkrak.

“Bautnya jangan dilepas dahulu, hanya sekedar mengendurkan saja. Setelah dongrak dipasang, lalu baut dan bannya dilepas, kemudian ambil ban cadangan,” ujar Anjar belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Antisipasi Lonjakkan Volume Kendaraan, Polisi Siagakan 187 Personel di Jalur Puncak            

dongkrak mobilKompas.com/Fathan Radityasani dongkrak mobil

Langkah selanjutnya, lanjut Anjar, kembali memasangkan ban cadangan dan baut. Namun, jangan dulu dikecangkan sampai dongkrak diturunkan dan posisi ban sudah menempel dengan tanah atau aspal.

Baca juga: Libur Panjang, Jumlah Penumpang Bus AKAP Diprediksi Tetap Landai            

“Setelah itu baru baut dipasangkan. Ketika mengecangkan tidak perlu menginjak kunci roda, cukup dengan bantuan tangan dan sedikit dorongan badan,” katanya.

Anjar melanjutkan, takutnya akan membahayakan dan membuat cedera karena terpeleset. Lagi pula, kata dia tidak perlu terlalu kencang yang berlebihan.

“Kalau dari segi keamanan itu tadi takutnya terpeleset, kalau dari teknis nanti justru bautnya akan slek dan ketika mau dibuka lagi akan susah karena terlalu kencang,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com