Mengenal Indikator Warna Takometer Bus atau Truk

Kompas.com - 24/07/2020, 16:42 WIB
Takometer truk Indomobil HinoTakometer truk

JAKARTA, KOMPAS.comTakometer merupakan perangkat yang menunjukkan berapa putaran mesin kendaraan. Jika pada mobil biasa, memiliki redline yang berwarna merah pada putaran mesin yang tinggi.

Namun takometer pada kendaraan niaga seperti truk dan bus memiliki indikator warna tambahan, bukan hanya redline. Lalu apa maksud dari warna yang ada pada takometer truk dan bus?

Deputy GM Product Division PT Hino Motors Sales Indonesia, Prasetyo Adi Yudho mengatakan, pada takometer truk atau bus, ada tiga warna yang memiliki artinya masing-masing, yaitu putih, hijau, dan merah.

Baca juga: Ini Jenis Pelanggaran yang Diincar Selama Operasi Patuh Jaya 2020

Takometer bushaltebus.com Takometer bus

“Putih ada di rpm rendah, biasanya untuk gigi awal seperti satu atau dua. Wana hijau artinya rpm yang disarankan atau standarnya,” kata Prasetyo kepada Kompas.com, Kamis (23/7/2020).

Selain itu, jika jarum rpm ada di warna hijau, membuat mengemudi dengan cara ekonomis dan keselamatan. Karena jika putaran mesin ada di warna hijau, rem pembantu seperti rem knalpot atau exhaust brake juga bisa berfungsi maksimal.

Baca juga: Beberapa Cairan Ini Bisa Digunakan Untuk Melumasi Rantai Motor

Pada kendaraan besar, pengereman utama harus dibantu dengan rem sekunder. Rem utama yaitu sevice brake atau rem kaki dan rem pembantu salah satunya yaitu exhaust brake. Jadi jika rpm di bawah warna hijau, exhaust brake tidak bekerja maksimal.

“Kemudian warna merah artinya rpm tinggi. Kendaraan bisa jadi boros bahan bakar, terjadi overheat, dan overrun,” ucap Prasetyo.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X