Kenapa Bus Lintas Sumatera Kerap Tambah Lampu Sorot di Depan?

Kompas.com - 24/07/2020, 12:02 WIB
Bus AKAP Sumatra My SimplicitiesBus AKAP Sumatra

JAKARTA, KOMPAS.comBus antarkota antarprovinsi (AKAP) dengan trayek ke atau dari Sumatera memiliki keunikan tersendiri. Selain memiliki bagasi yang ada di atap, kali ini ada tambahan modifikasi yang kerap dilakukan demi membantu penerangan dari bus.

Jika bus di daerah Jawa melakukan modifikasi lampu variasi pada seluruh bodinya, bus Sumatera kerap memasang lampu sorot atau lampu tembak pada bagian depan. Biasanya letak lampu tersebut ada di antara lampu utama.

Mengapa bus Sumatera memasang lampu sorot tambahan tersebut?

Baca juga: Banyak Pemotor Belum Paham Fungsi Tombol Engine Cut Off

Barang di atas atap busawansan.com Barang di atas atap bus

Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya, mengatakan, penambahan lampu sorot tersebut menyesuaikan dengan kebutuhan dari bus yang beroperasi di lintas Sumatera.

“Karena kebutuhan, jadi ditambah lampu sorot di depannya. Bus lintas Sumatera biasa melewati medan jalan yang penerangannya kurang,” kata Dimas kepada Kompas.com, Kamis (23/7/2020).

Penambahan lampu sorot ini biasanya dilakukan di luar dari karoseri. Jadi pemilik bus melakukannya di bengkel lain sebagai modifikasi tambahan. Namun, Dimas mengatakan, karoseri bisa membantu menyediakan instalasi kabelnya.

Baca juga: Hari Ini Operasi Patuh 2020 Digelar Serentak di Seluruh Indonesia

“Jadi bisa minta untuk dipasang kabel instalasi, tetapi lampu dan dudukannya tidak termasuk,” ucap Dimas.

Begitu juga yang dikatakan Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto. Dia mengatakan bahwa lampu sorot tersebut merupakan tambahan sendiri dari pemilik bus, bukan dari karoseri.

“Jika dia membawa lampu dan dudukannya sendiri, kita bisa bantu memasangnya di bus,” kata Werry kepada Kompas.com.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X