Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Ini 4 Tips Naik Motor Matik yang Benar

Kompas.com - 22/07/2020, 12:11 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter otomatik alias skutik banyak dipilih konsumen karena praktis. Model ini juga jadi pilihan buat yang baru pertama mengendarai sepeda motor, karena mengoperasikannya cukup gas dan rem.

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, mengatakan, paling penting ialah kontrol buka tutup gas dan rem. Sebab meski mudah tetap bisa sembarangan.

Baca juga: Tren Pelapis Kursi Bus dari Fabric ke Kulit Sintetis

"Paling penting adalah kita harus tahu saat buka tutup gas yang aman saat menggunakan motor matik," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Yamaha perkenalkan pembaruan pada skutik Mio SYIMM Yamaha perkenalkan pembaruan pada skutik Mio S

Agus mengatakan, kontrol buka tutup gas sangat penting terutaa buat yang baru naik motor. Sebab bisa saja terjadi saat situasi panik pengendara bukannya mengerem malah menarik gas.

Baca juga: Pilihan Motor buat Touring, dari yang Murah sampai Mahal

Selain itu, pengendara juga harus menguasai teknik mengerem di matik, sebab rem berada di tuas kiri dan kanan. Selain itu juga postur berkendara, karena di motor matik kaki kita bebas tanpa mengoperasikan apapun.

Berikut adalah empat tips mengendarai motor matik yang benar sesuai standar safety riding:

- Saat baru start atau jalan usahakan untuk tidak membuka gas secara spontan tapi lakukan bertahap, sampai kendaraan melaju dengan kecepatan stabil.

- Saat turunan atau jalan menurun usahakan gas harus terisi tidak ditutup habis, karena jika di tutup habis maka motor akan loss atau mesin tidak membantu pengereman.

- Untuk penggunaan rem, usahakan untuk selalu mengerem dengan kedua rem (depan dan belakang) secara bersamaan agar pengereman lebih efektif.

- Jika sudah menguasai buka tutup gas dengan baik maka jari tangan usahakan untuk tidak selalu standbye di tuas rem kanan dan kiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com