Perlukah Menyalakan Klakson saat Ingin Menyusul Kendaraan?

Kompas.com - 20/07/2020, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKlakson merupakan komponen yang ada di setiap kendaraan. Namun jika salah menggunakannya, bisa membuat pengguna jalan lain emosi. Apakah perlu menyalakan klakson saat ingin menyusul kendaraan lain?

Jika melihat pada fungsinya sebagai alat komunikasi di jalanan, klakson bisa untuk memberi tahu kendaraan yang disalip agar tahu posisi kita ada di mana. Tetapi ada saja yang bisa tersulut emosinya hanya karena di klakson.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana memiliki pendapat kalau memberi klakson saat ingin menyusul kendaraan, cenderung sikap yang kurang benar.

Baca juga: Update Kondisi Marc Marquez, Tangannya Patah dan Harus Dioperasi

Ilustrasi klaksontribunnews.com Ilustrasi klakson

“Ketika menyusul dan memberi klakson, kesannya yang bersangkutan melakukannya dengan cara memaksa, apalagi dalam kondisi lingkungan yang kurang aman seperti di jalan sempit, tikungan, ramai dan lainnya,” kata Sony kepada Kompas.com, Minggu (19/7/2020).

Padahal jika menyusul di kondisi yang aman, pengemudi tidak perlu memberi klakson. Oleh karena itu terkesan memaksa ingin menyusul padahal kondisinya tidak aman. Sehingga orang yang memberi klakson memiliki alasan pembenaran jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Aksi Gila Marc Marquez, Nyaris Kecelakaan Hingga Benar-benar Crash!

“Sebaiknya menyusul kendaraan dilakukan dalam kondisi yang menurut pengemudi aman. Kendaraan yang menyusul bertanggung jawab atas tindakan yang diambilnya,” ucap Sony.

“Penggunaan klakson yang tepat yaitu jika ada di persimpangan dan untuk memberitahu potensi bahaya,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.