Catat, ini Cairan Paling Tepat untuk Rawat Jok Kulit

Kompas.com - 13/07/2020, 19:29 WIB
Ilustrasi jok sintetis Stanly/OtomaniaIlustrasi jok sintetis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jok mobil yang dibungkus material kulit asli atau kulit sintetis akan membuat tampilan interior menjadi lebih mewah. Untuk itu, tak sedikit pemilik mobil yang memodifikasi interiornya.

Namun, banyak juga orang yang hanya ingin melakukan modifikasi tanpa mengetahui bagaimana perawatannya. Untuk jok kulit, cara merawatnya cukup mudah dan tidak perlu mengeluarkan modal banyak.

Baca juga: Ketahui Ini Bahaya Jok Mobil dari Material Fabric

Edy, selaku spesialis interior dan seat maker Vertue Concept, mengatakan, merawat jok kulit atau material sintetis bisa dilakukan dengan sabun bayi. Sebab, sabun bayi memilik pH yang seimbang. Jadi, lebih halus dari cairan sabun lainnya.

Langkah pertama usap menggunakan plas chamoisKompasOtomotif Langkah pertama usap menggunakan plas chamois

"Namun untuk jenis sabunnya, sebaiknya mencari yang model batangan, bukan yang cair. Sementara cara penggunaannya, sabun batangan tersebut dipotong kecil-kecil, lalu diblender, dan dicampur sedikit air," ujar Edy, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Edy, sabun batang memilki serat halus. Serat tersebut bisa sedikit membantu untuk membersihkan atau menggangkat noda pada lapisan kulit jok.

Baca juga: 3 Aspek Penting dalam Modifikasi Jok Mobil yang Sering Dilupakan

"Meski terlihat simpel, namun untuk menjaga agar kulit bisa bertahan lama, sebaiknya perawatan dilakukan secara berkala. Paling tidak seminggu satu sampai dua kali," kata Edy.

Edy menambahkan, minimal satu minggu dua kali harus dirawat. Tapi harus dipahami bahwa ini konteksnya sebagai perawatan, bukan yang benar-benar untuk membersihkan. Dengan material kulit yang terawat, bisa lebih awet dibandingkan yang benar-benar tanpa perawatan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X