Cara Sederhana Melihat Posisi Tutup Tangki BBM di Mobil

Kompas.com - 10/07/2020, 10:12 WIB
Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pemilik kendaraan baru atau pengemudi pemula, salah satu masalah dasar yang kerap ditemui ialah kebingungan dalam mengetahui letak posisi lubang pengisian bahan bakar ketika di SPBU.

Kondisi tersebut sebenarnya dapat dihindari dengan mempelajari tentang kendaraan terlebih dahulu melalui buku manual. Namun kebiasaan ini kerap kali diabaikan.

Cara lainnya, sebagaimana Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi, pengemudi bisa melihat meter cluster. Di sana ada indikator berbentuk dispenser SPBU disertai tanda panah yang secara tak langsung menunjukkan posisi tutup tangki mobil.

Baca juga: Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 400 Jutaan

Posisi tutup tangki bensin di mobilStanly/Otomania Posisi tutup tangki bensin di mobil

“Dengan hanya melihat simbol tersebut pada panel indikator, pengemudi tidak perlu lagi melihat spion atau bahkan sampai turun dari kendaraan untuk memastikan posisinya,” katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Adapun tuas pembuka tutup tangki BBM pada tiap jenis mobil, lanjut Didi, juga memiliki perbedaan. Secara umum, tuas berada di bagian kanan bawah kursi pengemudi.

"Kebanyakan tipe mobil sedan dan Multi Purpose Vehicle (MPV) posisi tuas tangkinya bersebalahan atau berdekatan dengan handle untuk membuka kap mesin atau di bagian kanan bawah kursi pengemudi," ujar Didi.

Baca juga: Aki Mobil Soak Jangan Sering Paksakan Starter

Tuas untuk membuka tangki BBMKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Tuas untuk membuka tangki BBM

“Namun ada juga kendaraan yang tidak menggunakan tuas karena mekanismenya ada pada tutup bensin (teknikal), biasanya terdapat pada mobil-mobil premium,” katanya lagi.

Maka dari itu, sebaiknya pengemudi mobil pahami kendaraan baik-baik agar bisa memudahkan operasional dan tidak membuat diri sendiri malu ketika di SPBU.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X