Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sederhana Melihat Posisi Tutup Tangki BBM di Mobil

Kompas.com - 10/07/2020, 10:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pemilik kendaraan baru atau pengemudi pemula, salah satu masalah dasar yang kerap ditemui ialah kebingungan dalam mengetahui letak posisi lubang pengisian bahan bakar ketika di SPBU.

Kondisi tersebut sebenarnya dapat dihindari dengan mempelajari tentang kendaraan terlebih dahulu melalui buku manual. Namun kebiasaan ini kerap kali diabaikan.

Cara lainnya, sebagaimana Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi, pengemudi bisa melihat meter cluster. Di sana ada indikator berbentuk dispenser SPBU disertai tanda panah yang secara tak langsung menunjukkan posisi tutup tangki mobil.

Baca juga: Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 400 Jutaan

Posisi tutup tangki bensin di mobilStanly/Otomania Posisi tutup tangki bensin di mobil

“Dengan hanya melihat simbol tersebut pada panel indikator, pengemudi tidak perlu lagi melihat spion atau bahkan sampai turun dari kendaraan untuk memastikan posisinya,” katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Adapun tuas pembuka tutup tangki BBM pada tiap jenis mobil, lanjut Didi, juga memiliki perbedaan. Secara umum, tuas berada di bagian kanan bawah kursi pengemudi.

"Kebanyakan tipe mobil sedan dan Multi Purpose Vehicle (MPV) posisi tuas tangkinya bersebalahan atau berdekatan dengan handle untuk membuka kap mesin atau di bagian kanan bawah kursi pengemudi," ujar Didi.

Baca juga: Aki Mobil Soak Jangan Sering Paksakan Starter

Tuas untuk membuka tangki BBMKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Tuas untuk membuka tangki BBM

“Namun ada juga kendaraan yang tidak menggunakan tuas karena mekanismenya ada pada tutup bensin (teknikal), biasanya terdapat pada mobil-mobil premium,” katanya lagi.

Maka dari itu, sebaiknya pengemudi mobil pahami kendaraan baik-baik agar bisa memudahkan operasional dan tidak membuat diri sendiri malu ketika di SPBU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com