Pahami Pentingnya Fungsi Kunci Torsi Saat Nge-bengkel Sendiri

Kompas.com - 09/07/2020, 10:42 WIB
Kunci torsi IstimewaKunci torsi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pencinta otomotif yang juga senang dalam mengoprek alias mereparasi atau modifikasi kendaraan dengan mandiri. Saat nge-bengkel sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Salah satunya adalah saat mengencangkan baut. Pemilik mobil atau motor tidak bisa sembarangan saat melakukan hal tersebut. Sebab, sudah ada standar seberapa kuat baut itu dikencangkan pada ulirnya masing-masing.

Baca juga: Mengencangkan Baut di Motor Ada Batasnya

Standar tersebut juga berlaku khususnya saat membongkar bagian mesin. Sebaiknya menggunakan alat khusus yang dinamakan kunci torsi.

Kunci torsiMotorplus-online.com Kunci torsi

Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, mengatakan, kunci torsi berfungsi untuk mengencangkan suatu mur atau baut sesuai torsi kekencangan standar pabrikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pada prinsipnya, semua mur atau baut ada ukuran momen kekencangannya dari pabrikan. Jadi, semua wajib menggunakan kunci torsi, kecuali mungkin baut cover," ujar Wahyudi saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Memasang Baut Pelek Truk Jangan Asal, Ketahui Bahayanya

Wahid Hidayatullah, mekanik Yamaha Mekar Motor di Bogor, juga mengatakan, sesuai standar operasional bengkel resmi, setiap bagian pada kendaraan mempunyai torsi atau ukuran pada saat pengencangan baut.

"Kunci torsi biasanya lebih sering digunakan untuk pengencangan baut pada bagian mesin, CVT, atau roda," kata Wahid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.