Kenapa Model Kursi Bus Perkotaan atau BRT Saling Berhadapan?

Kompas.com - 08/07/2020, 17:11 WIB
Kabin bus BRT tribunnews.comKabin bus BRT

JAKARTA, KOMPAS.comBus bisa dibedakan untuk peruntukannya, ada yang antar kota dan di dalam kota atau bus rapid transit ( BRT). Jika dibandingkan, pada bagian kabin dari kedua model bus ini berbeda.

Jika bus antar kota, memiliki susunan kursi yang semuanya menghadap depan. Sedangkan BRT memiliki susunan kursi yang berhadapan, kemudian jumlahnya juga tidak banyak. Mengapa ada perbedaan pada bagian kabin tersebut?

Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya mengatakan, untuk BRT memang idealnya seperti itu bentuk kursinya, mengingat banyak penumpang yang cepat naik dan turun dari bus.

Baca juga: Akal-akalan Pedagang Motor Bekas Bikin Halus Suara Mesin

kabin bus kotahaltebus.com kabin bus kota

“Idealnya memang seperti itu, karena buat arus keluar masuk penumpang lebih mudah dan cepat. Selain itu, kursinya juga terbuat dari plastik yang diberi busa di tengah,” kata Dimas kepada Kompas.com, Selasa (7/7/2020).

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, cepatnya mobilitas penumpang yang naik dan turun, membuat jumlah kursi yang ada di kabin BRT lebih sedikit.

“BRT lebih berfungsi untuk menampung penumpang yang berdiri, oleh karena itu disediakan pegangan tangan di kabinnya,” ucap Werry kepada Kompas.com.

Baca juga: Daftar Harga Sedan Bekas di Juli 2020, Rp 60 Juta Bisa Dapat Altis

Karena BRT memiliki rute yang pendek, fungsi utamanya yaitu bisa memuat banyak penumpang dengan aman dan nyaman. Walaupun jumlah kursinya lebih sedikit, untuk aspek keselamatan, tetap memasang sabuk pengaman.

Selain itu, pada BRT juga tidak disediakan bagasi, dikarenakan menggunakan model bus dengan dek yang rendah. Pada bagian bawah bus yang bisa dijadikan bagasi, dipasang tangki udara untuk sistem pintu otomatisnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X