Catat, Perbedaan Sleeper Bus dan Suites Class

Kompas.com - 06/07/2020, 10:42 WIB
Sleeper Bus phinemo.comSleeper Bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Indonesia memiliki banyak model dan pilihan kelas layanan. Untuk kelas paling mewah saat ini tersedia dua pilihan ditawarkan Perusahaan Otobus (PO), yakni sleeper bus dan suites class.

Sleeper bus menyediakan kasur di kabin, sedangkan suites class, menggunakan kursi yang bisa direbahkan 150 derajat. Sleeper bus merupakan salah satu cara bersaing antar PO untuk memberikan layanan paling nyaman untuk penumpang.

Armada sleeper bus dimiliki oleh PO Putra Jaya dan Bintang Prima di Makassar. Kabin sleeper bus biasa terdiri dari berbagai kelas dan kasur sebagai kelas tertingginya. Posisi kasur biasa diletakkan pada bagian belakang dari bodi bus.

Baca juga: Begini Wujud Nissan Magnite, SUV Baru Calon Pesaing Rocky dan Raize

Sleeper bustribunnews.com Sleeper bus

Jadi pada bagian depan sampai tengah, diisi oleh kursi eksekutif. Sedangkan pada bagian belakang, tersedia empat sampai delapan kasur yang posisinya bertumpuk untuk kelas paling tinggi pada sleeper bus.

Namun sayangnya, sleeper bus yang memiliki kasur pada kabinnya, tidak sesuai dengan PP Nomor 55 Tahun 2012, seperti yang dikatakan Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana.

“Regulasi dari pemerintah tidak memperbolehkan tempat tidur. Pada PP Nomor 55 Tahun 2012, untuk uji tipe, yang tertera adalah jumlah kursi atau tempat duduk, bukan tempat tidur,” ucap Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Diambil Alih Pemerintah Pusat, Terminal Bus Bakal Punya Mal dan Hotel

Berbeda dengan sleeper bus, suites class memiliki kabin dengan kursi yang bisa direbahkan. Sudut maksimal dari rebahnya yaitu 150 derajat, jadi tidak rata seperti kasur. Lalu untuk keamanannya, dilengkapi dengan sabuk pengaman dua titik.

“Secara regulasi, masih disebut kursi, bukan tempat tidur,” kata Werry.

Dengan model kursi yang bisa ditegakkan, bus suites class masih sesuai dengan keselamatan. Saat ini juga bus suites class sudah mulai mengaspal di jalanan Sulawesi lewat PO Litha & Co.

Laksana Bus Legacy SR2 Suites Class.Kompas.com/Donny Laksana Bus Legacy SR2 Suites Class.

Pengamat Transportasi, Budiyanto mengatakan rancangan bus harus disesuaikan dengan aspek keamanan dan keselamatan. Kalau tempat tidur saja, bisa menjadi bahaya jika terjadi kecelakaan.

“Kursi pada angkutan umum lebih baik bisa diatur kerebahannya dan memudahkan untuk pemasangan sabuk pengaman untuk memenuhi aspek keamanan,” ujar Budiyanto kepada Kompas.com.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X