Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Modifikasi Pasang Winglet pada Bus, Tambah Tampilan Jadi Sporti

Kompas.com - 02/07/2020, 18:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBus sebagai angkutan orang juga tidak terlepas dari modifikasi. Modifikasi yang dilakukan mulai dari klakson telolet, memakai lampu variasi, bahkan sekarang ada yang memakai sejenis spoiler atau winglet pada bagian depannya.

Tren bus dengan gaya balap ini nampaknya baru mulai tenar belum lama ini. Winglet dipasang pada bagian sisi kanan dan kiri depan agar semakin terlihat aura balapnya.

Memasang winglet ini nampaknya tidak memiliki fungsi aerodinamis pada bus, tidak seperti front splitter yang biasa dipasang pada mobil-mobil balap. Jadi fungsinya hanya untuk menambah penampilannya saja.

Baca juga: Fase Kedua Jelang New Normal, Penumpang Mobil Pribadi Masih Dibatasi

Bus AKAPwopita Bus AKAP

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, winglet yang dipasang pada bus terbuat dari bahan fiber dan memiliki warna yang beragam.

“Wingletnya terbuat dari bahan fiber, tinggal dipasang saja, sepertinya tinggal disekrup saja,” ucap Dimas saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/7/2020).

Baca juga: Mobil Pribadi Boleh Bawa Penumpang Penuh, tetapi Ada Syaratnya

Pemasangan tambahan winglet ini bukan dilakukan oleh karoseri. Jadi PO atau kru bermodal sendiri untuk memasang winglet ini. Penjual winglet untuk bus ini juga bisa ditemui lewat media sosial yang menjual aksesoris lainnya.

“Memasang winglet ini subyektif saja, ada orang yang suka dengan tampilannya dan tidak. Misalnya kurang suka karena mengganggu tampilan bodi bus yang awalnya bersih,” kata Dimas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com