Tren Modifikasi Pasang Winglet pada Bus, Tambah Tampilan Jadi Sporti

Kompas.com - 02/07/2020, 18:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBus sebagai angkutan orang juga tidak terlepas dari modifikasi. Modifikasi yang dilakukan mulai dari klakson telolet, memakai lampu variasi, bahkan sekarang ada yang memakai sejenis spoiler atau winglet pada bagian depannya.

Tren bus dengan gaya balap ini nampaknya baru mulai tenar belum lama ini. Winglet dipasang pada bagian sisi kanan dan kiri depan agar semakin terlihat aura balapnya.

Memasang winglet ini nampaknya tidak memiliki fungsi aerodinamis pada bus, tidak seperti front splitter yang biasa dipasang pada mobil-mobil balap. Jadi fungsinya hanya untuk menambah penampilannya saja.

Baca juga: Fase Kedua Jelang New Normal, Penumpang Mobil Pribadi Masih Dibatasi

Bus AKAPwopita Bus AKAP

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, winglet yang dipasang pada bus terbuat dari bahan fiber dan memiliki warna yang beragam.

“Wingletnya terbuat dari bahan fiber, tinggal dipasang saja, sepertinya tinggal disekrup saja,” ucap Dimas saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/7/2020).

Baca juga: Mobil Pribadi Boleh Bawa Penumpang Penuh, tetapi Ada Syaratnya

Pemasangan tambahan winglet ini bukan dilakukan oleh karoseri. Jadi PO atau kru bermodal sendiri untuk memasang winglet ini. Penjual winglet untuk bus ini juga bisa ditemui lewat media sosial yang menjual aksesoris lainnya.

“Memasang winglet ini subyektif saja, ada orang yang suka dengan tampilannya dan tidak. Misalnya kurang suka karena mengganggu tampilan bodi bus yang awalnya bersih,” kata Dimas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.