Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, ini Daftar Komponen Mobil yang Wajib Rutin Diganti

Kompas.com - 01/07/2020, 16:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap mobil membutuhkan perawatan. Bukan hanya sekadar dicuci atau ganti oli, tapi ada juga beberapa komponen yang wajib diganti secara rutin atau berkala.

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan, daftar komponen yang perlu rutin diganti sudah tercantum dalam panduan resmi. Namun, kadang pemilik mobil hanya terpaku pada jarak tempuh bukan dari waktu.

Baca juga: Mobil yang Pakai Lapisan Anti Karat Juga Butuh Perawatan

"Kadang-kadang konsumen hanya perhatikan ke jarak saja, jadi selama belum sentuh jarak yang ditetapkan mereka tetap pakai terus. Padahal anjuran bengkel itu ada perbandingan dengan waktu. Contoh seperti ganti busi untuk reguler tiap 20.000 km sampai 30.000 km atau sekitar satu tahun paling lambat," kata Anjar, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Cek busi mobilwww.amazon.ca Cek busi mobil

Selain busi, oli transmisi juga berlaku dari jarak dan waktu. Anjar menyarankan agar frekuensi pergantian busi dan oli transmisi lebih ditekankan dari waktu, khususnya untuk mobil yang digunakan di kota besar.

"Kalau mobil yang digunakan untuk aktivitas dari rumah ke kantor dengan jarak tidak lebih dari 100 km mungkin akan lama tercapainya, jadi disarankan pergantian dari dari sisi waktu aja. Rajin-rajin cek kondisi akan membuat mobil lebih awet," ujar Anjar.

Baca juga: Benarkah Wanita Lebih Rajin Servis Mobil Dibandingkan Laki-laki?

Walaupun belum menyentuh jarak yang ditentukan, menurut Anjar, kondisi jalan di perkotaan yang padat sering membuat rpm mobil naik dalam posisi stop and go.

Kondisi tersebut bisa mempengaruhi kualitas oli transmisi dan performa busi. Selain itu, ditambah lagi dengan faktor eksternal, seperti cuaca panas dan medan yang berdebu.

"Lebih baik pengguna mobil mengganti busi secara terjadwal dari waktu, misal enam sampai tujuh bulan, tidak perlu tunggu sampai jarak yang dianjurkan. Begitu juga untuk komponen lain seperti filter oli dan pendingin udara," kata Anjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com