Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Lamongan Berikan 50 SIM Gratis Bagi Warga yang Lahir 1 Juli

Kompas.com - 30/06/2020, 17:41 WIB
Hamzah Arfah,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


LAMONGAN, KOMPAS.com
- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara, Satlantas Polres Lamongan menggratiskan pendapatan negara bukan pajak atau PNBP, dalam perpanjangan SIM, dengan dukungan sponsor dari FIF Group.

"Terima kasih kepada Bapak dan Ibu Polisi yang telah memberikan perpanjangan SIM ini tanpa dipungut biaya. Sudah mau bayar, tapi sama polisi uangnya dikembalikan dan diberitahu jika saya dapat gratis karena lahir 1 Juli," ujar Sudirman saat menerima SIM baru secara gratis di Mapolres Lamongan, Selasa (30/6/2020).

Bersama dengan dua orang lain, Kartaji dan Kasdik, Sudirman menerima SIM C gratis langsung dari Wakapolres Lamongan Kompol Dies Ferra Ningtias dengan disaksikan oleh Kasatlantas Lamongan AKP Danu Anindhito Kuncoro Putro dan jajaran Polres Lamongan yang lain.

Baca juga: Syarat dan Cara Bikin SIM Gratis pada 1 Juli 2020

"Sebenarnya ini program dari pusat, hanya saja tiap Polres beda-beda dalam memberikan apresiasi kepada masyarakat, ada yang perpanjangan SIM, ada yang gratis saat buat SIM baru. Kami pilih yang perpanjangan SIM," ucap Ferra.

Polres Lamongan dalam agenda kali ini, memberikan 50 perpanjangan SIM secara gratis kepada warga yang lahir pada 1 Juli. Dengan rincian, perpanjangan SIM A sebanyak 25 dan SIM C sebanyak 25.

Slot ini dikatakan sudah terpenuhi, dengan hari ini sudah diserahkan secara simbolis sebanyak tiga orang, 16 orang pada kesempatan sebelumnya, dengan sisanya akan diserahkan secara bertahap.

"Yang pasti, kami ingin memberikan kebahagiaan bersama masyarakat dalam perayaan HUT Bhayangkara ini," tutur Ferra.

Selain yang lahir pada 1 Juli, mereka yang mendapat perpanjangan SIM tanpa dipungut biaya ini harus memenuhi beberapa persyaratan lain yang ditentukan. Mulai dari harus membawa surat keterangan sehat dan hasil uji psikotes, serta membawa KTP dan SIM sebelumnya.

"Ini hanya berlaku untuk perpanjangan SIM A dan C, tidak berlaku untuk SIM selain itu. Kuotanya hanya untuk 50 orang pertama dan sudah terpenuhi," kata Danu.

Adapun untuk pendaftaran agenda perpanjangan SIM secara gratis ini,  dibuka mulai rentang 22 sampai 30 Juni 2020 di kantor Satlantas Polres Lamongan. Namun karena slot 50 yang telah terpenuhi, otomatis pendaftaran telah ditutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com