Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Truk dan Bus Pakai Pelek Alumunium

Kompas.com - 29/06/2020, 20:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan niaga tentunya sangat memperhitungkan biaya operasionalnya. Pemilihan ban pun menjadi salah satu cara untuk bisa menghemat pengeluaran. Namun ada satu cara untuk menghemat ban, yaitu dengan memakai pelek aluminium.

Pelek aluminium di Indonesia terutama untuk kendaraan niaga memang belum banyak digunakan. Saat ini ada saja bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang mengganti pelek standarnya dengan yang aluminium.

Tampilan pelek aluminium juga lebih keren dibanding pelek standar yang terbuat dari baja. Pelek aluminium memiliki tampilan yang kinclong, bisa meningkatkan penampilan kendaraan. Lalu apa saja kelebihan dari pelek aluminium?

Baca juga: Aturan Baru SIKM, Wajib Tes Covid-19 Melalui CLM

pelek aluminiumtruckmagz.com pelek aluminium

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal mengatakan, memakai pelek aluminium pada kendaraan niaga memiliki efek yang positif terhadap berat, panas, dan kenyamanan.

“Pakai pelek aluminium lebih baik dari besi untuk membuang panas. Selain itu, efek positif lain yaitu lebih ringan, panas dan getarannya berkurang,” kata Zulpata kepada Kompas.com, belum lama ini.

Lebih detail lagi, Independent Tyre Analyst dan Wakil Ketua Aptrindo Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Bambang Widjanarko mengatakan, dari berat jenisnya saja pelek aluminium sudah lebih ringan daripada pelek besi.

Baca juga: Masih Ingat Suzuki Inazuma? Ini Harga Sekennya

“Berat jenis besi adalah 7,874 gram/cm3 sedangkan aluminium hanya 2,4 gram/cm3. Karena beratnya yang ringan, pakai pelek aluminium dapat menghemat ban,” ucap Bambang kepada Kompas.com.

Selain lebih ringan dan bisa menghambat keausan ban, pelek aluminium juga tidak cepat panas ketika digunakan. Jadi kendaraan bisa lebih lama beroperasi, tidak harus cepat-cepat beristirahat agar ban tidak overheat.

Pelek busbus-truck.id Pelek bus

“Pelek aluminium lebih dingin dan kemampuan menghantarkan panasnya tidak sebaik pelek besi, sehingga membuat ban lebih dingin saat beroperasional,” kata Bambang.

Namun jika membicarakan tentang menggunakan pelek aluminium bisa menghemat bahan bakar, hal tersebut masih menjadi perdebatan. Belum ada hasil uji yang mengatakan kalau menggunakan pelek aluminium bisa menghemat penggunaan BBM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com